Analisis Spasial Kawasan Muara Sungai Veteran Untuk Mendukung Program Penanganan Banjir Di Kota Banjarmasin

Authors

  • Sobatnu Banjarmasin State Polytechnic
  • Nurul Inayah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Dewi Nur Indah Sari Politeknik Negeri Banjarmasin

Keywords:

Normalization, Banjarmasin Veterans River, Geospatial Information

Abstract

Sungai Veteran termasuk dalam program jangka pendek normalisasi dan penataan sungai dari 10 program khusus di kota Banjarmasin. Perumusan suatu kebijakan, pengambilan keputusan ataupun pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian dapat mengacu pada informasi Geospasial. Penelitian ini memanfaatkan teknologi geomatika dan survei untuk dapat menunjukan kondisi geospasial aktual pada kawasan muara Sungai Veteran, dengan melakukan serangkaian kegiatan pengukuran terestris dan hidrometris secara langsung di lokasi penelitian serta pemetaan secara digital menggunakan citra satelit Pleiades yang telah terkoreksi sebagai sumber data spasial. Hasil analisis spasial menggunakan metode Gridding dapat menunjukkan secara akurat bentuk geometrik permukaan lahan dalam tampian model 3 dimensi. Hasil pemetaan memperlihatkan kondisi terjadinya penyempitan pada badan sungai Veteran di jarak 58 meter dari tepi sungai Martapura dengan lebar mencapai 8 meter dan pada jarak 78 meter sampai dengan 145 meter lebar badan sungai hanya mencapai 3 meter. Hasil pemodelan menunjukkan skala terbaca titik terdangkal adalah mencapai (-) 0,074 meter pada muara sungai Veteran, dan hasil titik terdalam adalah mencapai           (-)13,311 meter pada area Sungai Martapura. Kondisi dasar penampang muara sungai veteran menunjukan tingkat kemiringan relatif datar. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi volume aliran air sungai Veteran. Hal ini menunjukkan sistem drainase alam yang buruk, dimana faktanya kota Banjarmasin masih masuk di dalam zona perairan pasang surut. Informasi Geospasial yang dihasilkan ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam perencanaan dan perancangan proyek normalisasi sungai, khususnya di kawasan muara sungai veteran, sehingga diharapkan dapat mengembalikan fungsi awal dari sungai tersebut yaitu mencegah terjadinya banjir di kota Banjarmasin

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sobatnu, Banjarmasin State Polytechnic

Lecture of Geodetic Eng.

References

BWS Kalimantan III. 2022. National Urban Flood Resilience Project (NUFReP) atau Proyek Ketangguhan Banjir Perkotaan Nasional. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air – Kementerian PUPR. Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah – Kementerian Dalam Negeri.

Cahyono, T. 2014. Pemodelan Spasial untuk Pembuatan Peta Bahaya Banjir dan Peta Tingkat Risiko Banjir Bengawan Solo di Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Prahasta, Eddy. 2009. Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar.

Bandung: Informatika Bandung.

Harisnor, A. & Amalia, M. 2016. Analisa Parameter Hidraulik Pada Sungai Veteran Kota Banjarmasin. POROS TEKNIK, 8(2), 97-103.

Husnain, H., & Mulyani, A. 2021. Dukungan data sumberdaya lahan dalam pengembangan kawasn sentra produksi pangan (Food Estate) di Provinsi Kalimantan Tengah. J. Sumberd. Lahan, 15, 23-35.

Iskandar, S. A., Helmi, M., Muslim, M., Widada, S., & Rochaddi, B. 2020. Analisis Geospasial Area Genangan Banjir Rob dan Dampaknya pada Penggunaan Lahan Tahun 2020-2025 di Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Indonesian Journal of Oceanography, 2(3), 271-282.

Mutiara, I., Erdiansa, A., Iqbal, M. T., Hendrawan, H., & Tawakkal, T. 2021. PEMODELAN HIDRODINAMIKA PADA DAERAH MUARA SUNGAI SADDANG. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) Vol. 6, No. 1, pp. 34-40.

PUSTEKDATA – LAPAN. 2018. Pleiades Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi. https://inderajacatalog.lapan.go.id/application_data/default/pages/about_Pleiades.html

Pratiwi, Z. N., & Santosa, P. B. 2021. Pemodelan Banjir dan Visualisasi Genangan Banjir untuk Mitigasi Bencana di Kali Kasin Kelurahan Bareng Kota Malang. JGISE: Journal of Geospatial Information Science and Engineering, 4(1), 56-64.

Saputro, N., & Purwanto, T. H. 2013. Pemodelan Spasial Banjir Luapan Sungai Menggunakan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh di DAS Bodri Provinsi Jawa Tengah. Gadjah Mada University.

Siregar, S. M., Sakir, M. I., Helmizuryani, H., Aida, S. N., & Saleh, E. 2019. Pengelolaan Rawa Perkotaan (Kasus Banjir Di Kota Palembang). In Seminar Nasional Hari Air Sedunia. Vol. 2, No. 1, pp. 159-165.

Wismarini, T. D., & Sukur, M. 2015. Penentuan tingkat kerentanan banjir secara geospasial. Dinamik, 20(1).

Downloads

Published

11/30/2023

How to Cite

Sobatnu, F., Inayah, N., & Sari, D. N. I. (2023). Analisis Spasial Kawasan Muara Sungai Veteran Untuk Mendukung Program Penanganan Banjir Di Kota Banjarmasin. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 23(2), 143–153. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/2083

Most read articles by the same author(s)