ANALISIS KOMODITAS UNGGULAN PERTANIAN SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Penulis

  • dewi nur indah sari Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Komoditas Unggulan, Location Quetient Analysis, Sistem Informasi Geografis

Abstrak

Komoditas  Unggulan  adalah  sebuah  produk  yang  paling  disukai  dan diproduksi pada suatu daerah tertentu dan dapat bersaing dari daerah lainnya. Dari beberapa komoditas unggulan tanaman pangan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah masih ada yang belum mencukupi kebutuhan pangan didaerahnya. Untuk mengetahui hal tersebut maka perlu dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Location Quetient Analysis. Hasil dari perhitungan Location Quetient Analysis kemudian ditampilkan dalam bentuk peta sebaran komoditas unggulan pertanian. Peta tersebut menampilkan jumlah produksi dari setiap komoditas unggulan subsektor tanaman pangan sehingga dapat  mengetahui wilayah produksi pinggi, sedang dan rendah.

Untuk subsektor tanaman pangan Padi dan Kacang Hijau adalah komoditas unggulan yang mencukupi kebutuhan pangan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah karena memiliki nilai Location Quetient lebih dari 1, Maka dari itu untuk komoditas unggulan subsektor pertanian Padi dan Kacang Tanah dapat melakukan kegiatan Impor ke daerah lain. Untuk subsektor tanaman pangan Jagung, Kacang Tanah, Ubi Kayu dan Ubi Jalar masih belum mencukupi kebutuhan pangan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah karena memiliki nilai Location Quetient dibawah angka 1.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistika. 2020. Kabupaten Hulu Sungai Tengah dalam Angka 2021. Barabai: BPS Hulu Sungai Tengah.

Laili, E dan Herman C.Diartho. 2018. Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Tanaman Pangan di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan. Vol. 2. No. 3. Hal. 209-217.

Sari, Dewi N.I. 2016. Modul Praktik Sistem Informasi Geografis. Program Studi Teknik Geodesi. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin

Rosma. 2019. Analisis Komoditas Unggulan Sub Sektor Tanaman Pangan di Kabupaten Bulungan. Fakultas Pertanian. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan .

Fauzia, Ulfa, dkk. 2019. Analisis Komoditas Unggulan Pertanian di Kabupaten Banjar. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 6. No.2. Hal. 1 – 11.

Akhmadi, E., Antara, M. 2019. Komoditas Unggulan Subsektor Tanaman Pangan Berbasis Potensi Wilayah Keruangan di Provinsi Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol. 7. No. 1. Hal.76-89.

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

sari, dewi nur indah. (2023). ANALISIS KOMODITAS UNGGULAN PERTANIAN SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH . INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 23(1), 57–68. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1473