ANALISA PENGEMBANGAN LAHAN PERTANIAN BERDASARKAN NERACA AIR PADA POLDER LIANG MENGGUNAKAN DEBIT ALIRAN PERMUKAAN DENGAN METODE NRECA

  • Muhammad Fahr udin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fakhrurrazi Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Perhitungan, Kebutuhan, Air

Abstract

Polder Liang yang berletakak ada di sebelah barat kota Martapura di desa tambak baru Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Luas polder lebih dari 900 Ha dikelilingi jalan sebagai tanggul polder liang berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Matapura, Karang Intan, Astambul. Polder liang memiliki beberapa pintu air yaitu 6 pintu air utama  dan 29 pintu air kecil. Sistem pintu air yang ada di sekitaran polder masih bersifat manual. Perhitungan ini menggunakan metode Nreca untuk perhitungan debit andalan dan debit nreca dan metode panmen dan standar KP-01 untuk perhi tungan kebutuhan air pada BAB IV dan menghitung pengembangan lahan pertanian berdasarkan neraca air.Hasil Perhitungan kebutuhan air yang ada di desa tambak baru kecamatan martapura kabupaten banjar kebutuhan air tertinggi pada bulan juni II berjumlah dengan rata-rata 0,442 m3/detik ketersedian air dihitung dengan debit andalan 80%  didapat rata-rata ketersedian air 31,095 dengan awal pola tanam digunakan juni II perhitungan neraca air yang ada di petak sawah  pada bulan juni II 5,384 m3/detik.perhitungan perkembangan lahan yang awalny tercatat 638 Ha bisa di kembangkan menjadi 845 Ha.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim (1999), Panduan Perencanaan bendungan Urugan volume II (AnalisaHidrologi), Dapertemen Pekrjaan Umum, Direktorat Bina Teknik, IrigationEngineering Service Senter Bersama Japan Internasional Cooperation Agency, Deijen Pengairan, Jakarta.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. 2003. KP-01 Kebutuhan Air pada Sawah untuk Padi. Kementerian Pekerjaan Umum.

Suyono, Sosodarsono. 2003. Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta. Paradny Paramita.

Soemarto. 1995. Penerapan Metoda Nreca dan Metoda Mock Untuk Menghitung Debit Andalan. Jakarta.

Triatmodjo, Bambang. 2008. Hidrologi Terapan. Bata Offset. Yogyakarta.

Wikipedia. 2020. Sejarah Kebupaten Banjar. Kalimantan Selatan. Diunduh pada Tanggal 1 Agustus2020 (http://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Banjar)

Herliyani F.A, Fakhrurrazi, dan Adriani Muhlis (2014), Analisis Keseimbangan Air Daerah Aliran Sungai Tabanio Kabupaten Tanah Laut, Jurnal Intekna, No.2, 166-171.

Published
2021-06-21