Jurnal Gradasi Teknik Sipil https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil <p>Jurnal Gradasi Teknik Sipil diterbitkan pertama kali dengan nama Jurnal Teknik Sipil pada bulan Agustus 2004 dengan ISSN 1829 - 8966, yang diterbitkan oleh Unit Pengembangan dan Kerjasama Jurusan Politeknik Negeri Banjarmasin.</p> <p>Dalam perjalanannya jurnal ini beberapa kali tidak terbit, yaitu bulan Desember 2009 - Nopember 2014 dan Juni 2015 - Desember 2016. Mulai bulan Januari 2017 mulai diaktifkan kembali dengan edisi on line dengan ISSN. Jurnal Teknik Sipil terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember.</p> <p>Ruang lingkup makalah meliputi bidang Teknik dan Manajemen dengan konsentrasi Bidang <strong>Transportasi</strong>, <strong>Geoteknik</strong>, <strong>Struktur</strong>, <strong>Keairan</strong> dan <strong>Manajemen</strong> <strong>Konstruksi</strong>.</p> <p>Isi makalah dapat berupa penyajian isu aktual di Bidang Teknik Sipil, review terhadap perkembangan penelitian, pemaparan hasil penelitian, dan pengembangan metode, aplikasi, dan prosedur di Bidang Teknik Sipil. Makalah ditulis mengikuti panduan penulisan.</p> en-US <ol> <li>Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam&nbsp;Jurnal Teknik Sipil&nbsp;ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).</li> <li>Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi&nbsp;<em><strong>Creative Commons&nbsp;Attribution-ShareAlike</strong></em>&nbsp;(<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0" target="_blank">CC BY-SA</a>), yang berarti Jurnal&nbsp;Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.</li> <li>Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat&nbsp;<a href="http://www.budapestopenaccessinitiative.org/" target="_blank">open access</a>&nbsp;untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.</li> </ol> jurnaltekniksipil@poliban.ac.id (Fitriani Hayati) mitrayadiannur@poliban.ac.id (Mitra Yadiannur) Tue, 28 Jun 2022 04:56:26 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 RASIO DAYA DUKUNG TIANG RENCANA TERHADAP DAYA DUKUNG TIANG AKTUAL https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1330 <p><em>Prediksi daya dukung tiang rencana dari beberapa metode statis dan dinamis sering ditemui tidak sesuai denga daya dukung aktual di lapangan. </em><em>D</em><em>aya dukung tiang rencana </em><em>tersebut </em><em>harus divalidasi terhadap daya dukung tiang aktual dimana </em><em>respon </em><em>daya dukung </em><em>tiang </em><em>sudah termobilisasi penuh.</em></p> <p><em>Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut dilakukan pengambilan data NSPT dari bor dalam dan data kalendering dari pemancangan dinamis sebagai parameter perhitungan daya dukung tiang rencana. Daya dukung tiang rencana ini akan menjadi desain kebutuhan seluruh pemancangan tiang. </em></p> <p><em>Oleh sebab itu perlu </em><em>diketahui rasio </em><em>daya dukung tiang rencana metode statis dan dinamis terhadap daya dukung tiang aktual di lapangan</em><em> dari uji Pile Dynamic Analysis (PDA).</em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode </em><em>statis rata-rata untuk tanah pasiran yang mendekati nilai daya dukung uji PDA adalah metode Luciano Decourt dengan Qu = 460,5 ton, Qp=170,1 ton dan Qs= 290,35 ton</em><em> dengan r</em><em>asio RQu=0,98; RQp=1,20; RQs=0,88</em><em>.</em> <em>Sementara untuk </em><em>daya dukung dinamis rata-rata dan rasio dari tiga metode Hilley, ENR dan WIKA untuk tanah pasiran yang mendekati nilai daya dukung uji PDA adalah daya dukung dari metode Hiley dengan Qu= 481,39 ton, Qp=172,82 ton, Qs= 313,79 ton dengan RQu =1,02; RQp =1,21 dan RQs = 0,96.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Daya Dukung Tiang, PDA, Rasio, NSPT</em></p> <p> </p> ahmad marzuki, Ahmad Norhadi, Muhammad Eriza Copyright (c) 2022 ahmad marzuki, Ahmad Nor Hadi, Muhammad Eriza http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1330 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000 PERHITUNGAN KUALITAS AGREGAT MENURUT ABRASI DAN BERAT JENIS, PADA MATERIAL DESA AMBUNGAN https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1340 <p><em>Pemanfaatan material lokal, walaupun mampu mengurangi biaya mobilisasi dan berkontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat setempat, tetap harus lolos pengujian terhadap spesifikasi teknis yang ditentukan. </em><em>Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menguji: abrasi</em><em>, nilai berat jenis serta penyerapan pada material agregat kasar dan agregat halus dengan dan tanpa direndam, untuk material dari Desa Ambungan, Pelaihari. </em><em>Dimana pengujian tersebut berdasarkan </em><em>SNI 2417:2008, SNI 1969:2016, SNI 1970:2016 serta Spesifikasi </em><em>Umum Bina Marga 2018. </em><em>Berdasarkan pengujian, abrasi untuk Gradasi A dan B adalah 30,74% dan 30,80% dan telah memenuhi persyaratan spesifikasi abrasi &lt;40%. Nilai bulk: agregat halus dengan dan tanpa direndam adalah 2,582gr/cm<sup>3</sup> dan 2,590gr/cm<sup>3</sup>; agregat kasar dengan dan tanpa direndam adalah 2,617gr/cm<sup>3</sup> dan 2,694gr/cm<sup>3</sup>. Nilai SSD: agregat halus dengan dan tanpa direndam adalah 2,636gr/cm<sup>3</sup> dan 2,658gr/cm<sup>3</sup>; agregat kasar dengan dan tanpa direndam adalah 2,655gr/cm<sup>3</sup> dan 2,733gr/cm<sup>3</sup>. Nilai Apparent: agregat halus, dengan dan tanpa direndam adalah 2,730gr/cm<sup>3</sup> dan 2,780gr/cm<sup>3</sup>; agregat kasar,dengan dan tanpa direndam adalah 2,722gr/cm<sup>3</sup> dan 2,803gr/cm<sup>3</sup>. Kesemuanya telah memenuhi ketentuan spesifikasi berat jenis &gt;2,500gr/cm<sup>3</sup>dan selisih maksimal 0,2 antara agregat halus dan kasar. Nilai absorption: agregat halus dengan dan tanpa direndam adalah 2,103% dan 2,638%; agregat kasar dengan dan tanpa direndam adalah 1,470% dan 1,432%, dan telah memenuhi ketentuan spesifikasi absorption &lt;3%.</em></p> <p><em><strong>Kata kunci</strong>— Absorption, Apparent, Bulk ,Gradasi, SSD</em></p> <p><em> </em></p> Rifanie Gazalie, Riska Hawinuti, Muhammad Fauzi, Muhammad Febri Adam Setiadi Copyright (c) 2022 Rifanie Gazalie, Riska Hawinuti, Muhammad Fauzi, Muhammad Febri Adam Setiadi http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1340 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000 STUDI PERBANDINGAN ANALISIS STRUKTUR BALOK MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID dan SAP2000 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1337 <p>Struktur balok merupakan tipe elemen struktural yang penting untuk para profesional konstruksi serta mayoritas insinyur wajib akrab dengan balok. Tipe struktur balok yang dibahas dalam tulisan ini merupakan struktur balok sederhana (simple beam). Dalam menghitung gaya-gaya serta deformasi struktur secara numerik memerlukan waktu yang lebih lama serta memerlukan ketelitian yang baik. Pada masa yang semakin canggih ini, telah tersedia bermacam software serta aplikasi yang dapat digunakan untuk mendapatkan gaya-gaya dalam serta deformasi struktur dengan cepat dan akurat. Salah satu software yakni SAP2000 dan salah satu aplikasi yakni Easy Beam dapat digunakan untuk mendapatkan gaya-gaya dalam serta deformasi struktur dengan cepat dan akurat. Dalam tulisan ini struktur balok sederhana dimodelkan serta dianalisis menggunakan software SAP2000 dan aplikasi Easy Beam. Tulisan ini bertujuan untuk membandingkan hasil analisis dengan software SAP2000 dan aplikasi Easy Beam khususnya balok sederhana. Selanjutnya, hasil analisis dengan software SAP2000 dan aplikasi Easy Beam telah diperoleh serta telah bahas. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai-nilai yang diperoleh tidak memiliki perbedaan yang signifikan.</p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>—</em> <em>simple beam, Easy Beam analysis, SAP2000</em></p> Samsul A Rahman Sidik Hasibuan, Fadhillah Azmi, Yuan Anisa Copyright (c) 2022 Samsul A Rahman Sidik Hasibuan, Fadhillah Azmi, Yuan Anisa http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1337 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000 PERENCANAAN BANGUNAN TALANG JEMBATAN PADA DAERAH IRIGASI OPIYANG https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1295 <p><em>Talang merupakan saluran irigasi yang dibuat dari pasangan beton bertulang, kayu atau baja maupun beton ferrocement, di</em><em>dalamnya air mengalir dengan permukaan bebas, talang dibuat melintas lembah, saluran pembuang, sungai, jalan atau rel kereta ap</em><em>i</em><em>. Saluran talang minimum ditopang oleh 2 (dua) pilar atau lebih dari konstruksi pasangan batu dengan tinggi kurang dari 3 m untuk beton bertulang dan konstruksi pilar dengan beton bertulang untuk tinggi lebih 3 m. Pada penelitian ini talang berfokus pada perhitungan analisa hidrolis dan struktur atas bangunan talang, di</em> <em>mana talang yang direncankan dengan panjang 29,5 m dan ditopang oleh 2 pilar dan 2 abutmen. </em><em>Dari hasil perhitungan analisa hidrolis didapat dimensi struktur talang</em> <em>dengan tinggi saluran H = 1,1 m, lebar saluran B = 1,1 m, tinggi muka air h = 0,46</em> <em>m dan tinggi jagaan w = 0,2 m. Di mana kecepatan aliran air pada talang V = 0,26</em> <em>m/det, dengan kemiringan dasar saluran pada talang I = 0,000364</em><em>. Adapun dalam perencanaan ini beton yang digunakan adalah mutu beton K-300 dengan jenis tulangan yang dipakai adalah BjTP 280 dan BjTS 420 dengan rencana penampang struktur box talang adalah masing-masing setebal 150 mm untuk pelat lantai jembatan, 200 mm untuk dinding saluran dan 200 mm untuk lantai saluran. Untuk tulangan pada pelat lantai jembatan menggunakan BjTP Ø12-150 mm untuk tulangan lentur dan BjTP Ø10-260 mm untuk tulangan susut dan suhu. Untuk dinding saluran digunakan tulangan lentur tumpuan dan lapangan BjTS 5-Ø16 per dinding saluran, tulangan sengkang tumpuan menggunakan BjTP Ø10-150 dan tulangan sengkang lapangan BjTP Ø10-200, dengan tulangan sisi BjTP Ø12-250. Sedangkan untuk tulangan pelat lantai saluran digunakan BjTS Ø14-150 mm untuk tulangan lentur dan BjTP Ø10-250 mm untuk tulangan susut dan suhu.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em> : Talang</em><em> Irigasi</em><em>, Hidrolis, </em><em>D.I. Opiyang</em><em>.</em></p> Mufti Amir Sultan, Edi Suhartono Kurung, Zulkarnain K Misbah Copyright (c) 2022 Mufti Amir Sultan, Edi Suhartono Kurung, Zulkarnain K Misbah http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1295 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PEMBERSIHAN RUBBER DEPOSIT TERHADAP NILAI UJI KEKESATAN PADA LANDAS PACU https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1245 <p><em>Berkaitan dengan keselamatan penerbangan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu landas pacu. Salah satunya adalah landas pacu harus bersih dari semua hal yang membahayakan proses pergerakan pesawat.</em> <em>Runway perlu di rawat secara berkala untuk membersihkan partikel-partikel yang berbahaya bagi penerbangan. </em><em>Pemeliharaan kekesatan permukaan perkerasan dilakukan oleh pelaksana bandar udara dan pengguna lalu lintas secara teratur dan terjadwal. </em><em>Kekesatan diukur dengan alat MU meter. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembersihan rubber deposit terhadap nilai kekesatan permukaan landas pacu sehingga bisa memenuhi persyaratan yang berlaku. Metode penelitian adalah metode kuantitatif yang dilakukan dengan pengukuran dan pengujian.</em><em> Hasil ploting area dan pengamatan u</em><em>kuran dimensi area pekerjaan pembersihan rubber deposit pada landasan pacu Bandar Udara Adi Soemarmo adalah 4200 m<sup>2</sup>. H</em><em>asil pengukuran dengan MU meter sebelum dilaksanakan pembersihan rubber deposit didapatkan nilai kekesatan sebesar 0,53</em>. <em>D</em><em>engan nilai rata – rata tersebut landas pacu memerlukan perawatan pembersihan rubber deposit. Setelah dilakukan pembersihan didapatkan nilai kekesatan sebesar 0,71. Dari hasil tersebut terlihat bahwa pembersihan yang dilakukan mempunyai pengaruh efektif membersihkan rubber deposit yang ada pada permukaan perkerasan runway / landas pacu Bandara Internasional Adi Soemarmo</em> <em>sehingga nilai kekesatan memenuhi persyaratan yang berlaku</em><em>.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>—Rubber deposit, Uji Kekesatan, Landas Pacu</em></p> Yahya Rizky Shahrial, Lely Hendarti, Silvia Yulita Ratih Copyright (c) 2022 Yahya Rizky Shahrial, Lely Hendarti, Silvia Yulita Ratih http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1245 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000 NILAI INDEKS PLASTIS TANAH LEMPUNG LUNAK YANG DISTABILISASI DENGAN TAILING PT. FREEPORT INDONESIA https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1194 <p><em>Masalah yang sering terjadi pada infrastruktur jalan raya khususnya daerah Papua yaitu bergelombang, retak maupun penurunan tanah. Kerusakan pada bangunan berupa retak pada tembok dan lantai serta penurunan bangunan terkadang disebabkan oleh karakteristik fisik maupun mekanis tanah yang buruk. Stabilisasi tanah pada tanah dasar suatu konstruksi adalah suatu cara yang digunakan untuk memperbaiki sifat tanah dasar. Pemanfaatan limbah tailing PT. Freeport ini akan sangat membantu program pemerintah dalam mengatasi pencemaran lingkungan sekaligus sebagai bahan stabilisasi tanah untuk konstruksi jalan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tanah kawasan Universitas Musamus, Merauke cocok untuk distabilisasi menggunakan tailing PT. Freeport dan untuk mengetahui nilai kadar optimum tailing yang digunakan sebagai bahan stabilisasi untuk menurunkan nilai Indeks Plastisitas tanah asli. Nilai indeks plastisitas ttanah asli sebesar 28,96%, nilai indeks plastisitas tanah pada kadar 5% tailing sebesar 17,2395%, pada kadar 10% tailing sebesar 10,1402%, pada kadar 15% tailing sebesar 5,4228%, pada kadar 20% tailing sebesar 6,8704%. Sehingga tanah tersebut cocok distabilisasi menggunakan tailing dan kadar optimum tailing yang digunakan adalah pada kadar 15%.</em></p> <p><em><strong>Kata kunci</strong> : Tanah lempung, Stabilisasi, tailing</em></p> R. Rochmawati, irianto irianto, C. A. Wulaningrum Copyright (c) 2022 R. Rochmawati, irianto irianto, C. A. Wulaningrum http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1194 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000 PERBANDINGAN RAB RUMAH RANGKA BAJA RINGAN DENGAN RANGKA BETON TIPE 45 DI BANJARMASIN https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1237 <p><em>Tingginya permintaan rumah tipe 45 di tengah kelangkaan kayu ulin yang terjadi di Banjarmasin, membuat pengembang dalam membangun perumahan mencari material alternatif berupa bahan pabrikan yang kuat, ringan, harga lebih terjangkau dan mudah didapat. Pembangunan rumah yang semula dengan konstruksi rangka kayu ulin beralih ke rumah dengan konstruksi rangka baja ringan atau konstruksi rangka beton. Mengingat lahan di Banjarmasin berupa rawa, penggunaan baja ringan yang bobotnya lebih ringan dibandingkan kayu ulin maka sebagai material bangunan, baja ringan merupakan pilihan yang sangat tepat. Baja ringan memiliki lapisan anti karat galvanis dan zincalume. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan Rencana Anggaran Biaya(RAB) rumah rangka baja ringan dengan RAB rumah rangka beton tipe 45 di Banjarmasin tanpa menganalisis kekuatan strukturnya.Anggaran biaya pembangunan rumah tipe 45 konstruksi rangka baja ringan dan rumah konstruksi rangka beton dihitung berdasarkan data berupa denah rumah, spesifikasi bahan, Harga Satuan Bahan dan Upah tahun 2020 untuk wilayah Banjarmasin dan analisis perhitungannya disesuaikan dengan standar Analisa Harga Satuan Pekerjaan SNI tahun 2016. Menggunakan data-data tersebut dibuatlah analisis perbandingan rencana anggaran biaya untuk mengetahui keekonomisan biayanya.Berdasarkan analisis perhitungan anggaran biaya pembangunan rumah tipe 45 konstruksi rangka beton sebesar Rp.158.276.526 sedangkan untuk rumah tipe 45 konstruksi rangka baja ringan sebesar Rp.150.042.514 dengan selisih biaya Rp.8.234.012 atau 5.20 % lebih murah biaya pembangunan rumah tipe 45 rangka baja ringan.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: RAB, Rumah Tipe 45, Rangka Baja Ringan, Rangka Beton</em></p> Rinova Firman Cahyani, Aunur Rafik, Ningtyas Rahmawati Copyright (c) 2022 Rinova Firman Cahyani, Aunur Rafik, Ningtyas Rahmawati http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/1237 Tue, 28 Jun 2022 00:00:00 +0000