ANALISIS PENGARUH WAKTU TERHADAP REMBESAN DAN GERUSAN PADA SEKAT KANAL BENTANG 25 METER DENGAN UJI MODEL FISIK

Authors

  • Rezalino Arlendo Universitas Palangka Raya
  • Haiki Mart Yupi Universitas Palangka Raya
  • I Made Kamiana Universitas Palangka Raya

Keywords:

sekat kanal, lahan gambut, rembesan, gerusan, waktu

Abstract

Sekat kanal merupakan bangunan air untuk membantu memulihkan kembali keadaan air tanah pada lahan gambut agar tetap basah sehingga dapat mencegah potensi terjadi kebakaran pada lahan gambut. Sekat kanal yang terbuat dari kayu biasanya mengalami kerusakan, yaitu tergerusnya bagian hilir sekat kanal yang mengakibatkan konstruksi sekat kanal menjadi tidak stabil dan tidak berfungsi dengan baik. Pada penelitian ini mengamati lamanya waktu serta kecepatan yang mempengaruhi besarnya rembesan dan gerusan di bagian hilir sekat kanal, Pada model fisik sekat kanal yang terbuat dari bahan kayu. Serta mengamati variasi ketinggian air pada bagian hilir sekat kanal yang mempengaruhi gerusan. Pengamatan pada rembesan dilakukan selama 4 jam dengan kecepatan air sama dengan 0 m/dt dan diamati setiap 30 menit untuk melihat rembesan, dengan adanya penambahan ketinggian muka air dihilir. Sedangkan pengamatan pada gerusan di bagian hilir sekat kanal dilakukan selama 4 jam yang diamati tiap 2 jam berturut turut, dengan variasi waktu dan kecepatan serta tinggi muka air di hilir. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terhadap rembesan yang terjadi, semakin lama waktu pengujian, maka rembesan berupa penambahan ketinggian air di hilir semakin bertambah, dengan nilai rembesan 22,2 cm dalam waktu 4 jam, sedangkan untuk gerusan bahwa lamanya waktu pengujian mempengaruhi kedalaman gerusan yang terjadi, nilai gerusan yang didapat adalah 3,5 cm selama 4 jam waktu pengujian, yaitu pada variasi pertama dengan perbedaan tinggi muka air di hulu dan di hilir sekat kanal adalah 10 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haiki Mart Yupi, Universitas Palangka Raya

Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

I Made Kamiana, Universitas Palangka Raya

Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

References

De Vries, M., 1982. Scale models in hydraulic engineering. Delft: IHE lecture note.

Dohong, A., Cassiophea, L., Sutikno, S., Triadi, B.L., Wirada, F., Rengganis, P., dan Sigalingging, L., 2017. Modul Pelatihan Pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut Sekat Kanal Berbasis Masyarakat. Jakarta: Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia.

Ervina, Yupi, H.M. dan Nindito, D.A., 2023. Uji Model Fisik Stabilitas Bangunan Sekat Kanal Bentang 5 Meter dengan Material Konstruksi Terbuat dari Kayu. Basement: Jurnal Teknik Sipil, 1(1), pp.74–82

Hanafi, I., Yupi, H.M. dan Kamiana, I.M., 2023. Pengaruh Kecepatan Aliran Terhadap Gerusan pada Sekat Kanal dengan Saluran 5 Meter. Basement: Jurnal Teknik Sipil, 1(1), pp.50–57.

Hardiyatmo, H.C., 2012. Mekanika Tanah 1, Edisi Keenam. Gajah Mada University.

Hardjowigeno, S., 1986. Sumber daya fisik wilayah dan tata guna lahan: Histosol. Bogor: Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian IPB.

Legono, D., 1990. Gerusan pada Bangunan Sungai. PAU Ilmu-Ilmu Teknik UGM, Yogyakarta.

Menlhk, 2018. Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL). NOMOR : P/3/PPKL/PKG.0/3/2018. Jakarta: Menlhk

Ricca, R.R.P., Rinaldi, R. dan Fauzi, M., 2018. Model Fisik Canal Blocking Bentuk Tabung. Riau University. vol. 15, no. 2, hh.1-11.

Saputra, E.A., Wahono, E.P. dan Zakaria, A., 2021. Analisis Perbandingan Kedalaman Gerusan Lokal (Local Scouring) di Hilir Bangunan Pelimpah (Ogee and Stepped Spillway) dengan Model Fisik 2D. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, 9(3), pp.523–532.

Sharp, J.J., 1981. Hydraulic modelling. London: Butterworths 1981.

Suhardiman, N., 2018. Analisis Rembesan Pada Bendungan Tipe Urugan. Jurnal Teknik Hidro, 11(1), pp.12–22.

Triatmodjo, B., 1993. Hidraulika II. Yogyakarta: Beta Offset

Utami, A.M.H., Yupi, H.M. dan Nindito, D.A., 2022. Uji Eksperimental Pengaruh Kecepatan Aliran dan Tinggi Muka Air terhadap Stabilitas Model Fisik Sekat Kanal yang terbuat dari Material Beton. Buletin Profesi Insinyur, 5(2), pp.89–94.

Published

2023-06-29