PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES DAN EQUIVALENCE CLASSES DALAM MENENTUKAN STRUKTUR BAYESIAN NETWORK

Authors

  • Yussyafrida Choiriizzati Rochmana Institutes Adhi Tama of Surabaya
  • Maftahatul Hakimah Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Farida Farida Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v6i2.995

Keywords:

bayesian network, umkm, klasifikasi

Abstract

Bayesian Network merupakan model yang termasuk dalam klasifikasi bayes, dimana metode ini mengasumsikan bahwa nilai variabel independen memiliki ketergantungan dengan nilai variabel lain. Bayesian Network memiliki keunggulan yaitu dapat memodelkan hubungan antar variabel dengan menggunakan graf atau semacam penggambaran alur hubungan antar variabel. Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk menentukan struktur bayesian network. Metode pembentukan struktur jaringan Bayesian network pada penelitian ini adalah metode naïve bayes dan equivalence classes. Kedua metode pembentukan struktur ini diterapkan untuk klasifikasi kelayakan peminjaman dana Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Pada struktur metode naïve bayes variabel dependen menjadi pusat dari variabel independen sedangkan pada struktur metode equivalence classes setiap variabel memiliki hubungan antar variabel lain. Hasil pengujian dari metode naïve bayes dan equivalence classes dalam pembentukan struktur Bayesian network secara rata-rata adalah metode equivalence classes 79,53% dan naïve bayes 80,93%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenperin. (2019, April 04). Diambil kembali dari Kemenperin: https://kemenperin.go.id/artikel/14200/Kontribusi-UMKM-Naik
Jiawei Han, M. K. (2012). Data Mining Concepts and Techniques Third Edition. Dalam M. K. Jiawei Han, Data Mining Concepts and Techniques Third Edition (hal. 394-397).
Purwadi, I. (2009). Penerapan Bayesian Network Dalam Penetapan Daerah Tertinggal. Penerapan Bayesian Network Dalam Penetapan Daerah Tertinggal.
Prasetyo, E. (2012). Data Mining: Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: CV.ANDI.
Jouffe. (2008). BayesiaLab Online Help. Diambil kembali dari BayesiaLab: http://www.bayesia.com/Result_Analysis//B ayesiaLab-_satisfaction-_poll-_analysis_BA K.pdf
https://www.slideshare.net/hendrikarisma/bayes-belief-network
Khoerudin, Asep, Aji Hamim Wigena, dan Anang Kurnia (2011). Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen dengan Metode Bayesian Network (Studi Kasus Produk Biskuit).
Frendy, I. (2014). Pembentukan Model Credit Scoring Dengan Menggunakan Metode Bayesian Network: Studi Kasus Permohonan Aplikasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR).
https://achmatim.net/2017/03/19/mengukur-kiner ja-algoritma-klasifikasi-dengan-confusion- matrix/.
https://cs.ipb.ac.id/~yeni/files/ai/Kuliah%2012% 20%20Bayesian%20Network%20print.pdf.

Published

2020-12-26

How to Cite

Rochmana, Y. C., Hakimah, M., & Farida, F. (2020). PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES DAN EQUIVALENCE CLASSES DALAM MENENTUKAN STRUKTUR BAYESIAN NETWORK. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 6(2), 132–136. https://doi.org/10.31961/positif.v6i2.995