SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN GURU TELADAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-AHP

Authors

  • titania dwi andini STMIK ASIA MALANG
  • Gilang Citra Adiyanti STMIK ASIA MALANG

Keywords:

Sistem, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), AHP, Fuzzy-AHP, Pemodelan Tabel Chang (1996), Guru Teladan.

Abstract

Penentuan guru teladan pasti selalu dilakukan oleh sekolah untuk tetap meningkatkan kualitas guru dan sekolah itu sendiri. Masalah yang dihadapi dalam penilaian guru teladan ini adalah bagaimana menentukan keputusan guru teladan dengan kriteria – kriteria antara lain : profesionalisme, kinerja, kepribadian, sosial, dan kepatuhan yang masih memiliki sifat subjektif (tidak pasti) dapat dihitung dengan cepat dan akurat. Sistem ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun menggunakan metode Fuzzy-AHP. Fuzzy-AHP lebih akurat dan bisa menutupi kekurangan AHP dalam menangani data subjektif. Selain itu SPK ini juga bersifat dinamis dimana system dapat menangani jika terjadi perubahan/penambahan kriteria.

               Dari hasil pengujian sistem, penentuan guru teladan dengan metode Fuzzy-AHP menunjukkan bahwa kriteria yang tadinya subjektif dapat menjadi lebih objektif dengan adanya perhitungan normalisasi bobot atau bobot akhir global pada masing – masing kriteria dan alternatif sehingga lebih mudah menghasilkan perangkingan yang lebih dinamis, cepat, dan akurat.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

titania dwi andini, STMIK ASIA MALANG

Teknik Informatika

References

-

Downloads

Published

2016-11-01

How to Cite

andini, titania dwi, & Adiyanti, G. C. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN GURU TELADAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-AHP. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/287