SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN GURU TELADAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-AHP
Keywords:
Sistem, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), AHP, Fuzzy-AHP, Pemodelan Tabel Chang (1996), Guru Teladan.Abstract
Penentuan guru teladan pasti selalu dilakukan oleh sekolah untuk tetap meningkatkan kualitas guru dan sekolah itu sendiri. Masalah yang dihadapi dalam penilaian guru teladan ini adalah bagaimana menentukan keputusan guru teladan dengan kriteria – kriteria antara lain : profesionalisme, kinerja, kepribadian, sosial, dan kepatuhan yang masih memiliki sifat subjektif (tidak pasti) dapat dihitung dengan cepat dan akurat. Sistem ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun menggunakan metode Fuzzy-AHP. Fuzzy-AHP lebih akurat dan bisa menutupi kekurangan AHP dalam menangani data subjektif. Selain itu SPK ini juga bersifat dinamis dimana system dapat menangani jika terjadi perubahan/penambahan kriteria.
              Dari hasil pengujian sistem, penentuan guru teladan dengan metode Fuzzy-AHP menunjukkan bahwa kriteria yang tadinya subjektif dapat menjadi lebih objektif dengan adanya perhitungan normalisasi bobot atau bobot akhir global pada masing – masing kriteria dan alternatif sehingga lebih mudah menghasilkan perangkingan yang lebih dinamis, cepat, dan akurat.
Â
Â
Downloads
References
-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.