APPLICATION DESIGN OF WEB-BASED CLINIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v9i1.1572Keywords:
design, application, crm, clinic, webAbstract
Kunci kesuksesan suatu instansi tidak hanya terletak pada kualitas produk atau layanannya, tetapi juga pada seberapa banyak usaha yang harus dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan kemudian memberi mereka layanan terbaik dan ternyaman sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia. Customer Relationship Management (CRM) tidak hanya dapat menjamin loyalitas pelanggan terhadap suatu produk, tetapi juga loyalitas kepada perusahaan dan instansi tersebut dalam memberikan jasa kesehatan di suatu klinik. Penerapan strategi CRM bertujuan untuk menarik pelanggan baru, meningkatkan hubungan pelanggan dan mempertahankan pelanggan, sehingga memperoleh loyalitas pelanggan jangka panjang. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak E-CRM, dengan menggunakan metode action research. Tahapan yang dilakukan dalam action research yaitu diagnosing, planning action, taking action, evaluating action. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi customer relationship management klinik berbasis web yang dikembangkan dengan pemrograman PHP dan MySQL. Aplikasi ini menampilkan seputar informasi terkait layanan dan fasilitas klinik yang dapat diakses oleh pengguna. Kontak dan link sosial media memudahkan pengguna untuk tetap berhubngan dengan pihak klinik untuk menanyakan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi customer relationship managemen dalam strategi branding membantu dalam memperkenalkan klinik melalui media web. Hubungan jangka panjang antara pasien dan klinik akan tetap terjaga melalui sebuah sistem aplikasi yang informatif.
Downloads
References
K. RI, Permenkes No. 28. Indonesia, 2011.
A. Vaish, A. Vaish, R. Vaishya, and S. Bhawal, Customer relationship management (CRM) towards service orientation in hospitals A review, Apollo Med., vol. 13, no. 4, pp. 224–228, Dec. 2016.
S.-Y. Hung, W.-H. Hung, C.-A. Tsai, and S.-C. Jiang, Critical factors of hospital adoption on CRM system Organizational and information system perspectives, Decis. Support Syst., vol. 48, no. 4, pp. 592–603, Mar. 2010.
Hasan, Action Research Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat, AKSES J. Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 8, p. 12, 2009.
I. Bisnis et al., Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pelanggan Di Masa Pandemi, J. Ekon. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 80–91, 2021
.A. L. Kotsenas, M. Arce, L. Aase, F. K. Timimi, C. Young, and J. T. Wald, The Strategic Imperative for the Use of Social Media in Health Care, J. Am. Coll. Radiol., vol. 15, no. 1, pp. 155–161, Jan. 2018.
S. K. Badam and N. Elmqvist, Effects of screen-responsive visualization on data comprehension, Inf. Vis., vol. 20, no. 4, pp. 229–244, Oct. 2021.
P. Seeling, Dataset for WWW landing pages webobject retrieval performance evaluation, Data Br., vol. 30, p. 105429, Jun. 2020.
M. Noorhansyah and A. Pratomo, Penerapan Model Customer Relationship Management Pada Metodologi Fast (Studi Kasus Pengembangan Portal Akademik Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin), J. POSITIF, vol. I, no. 2, pp. 25–32, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Avid Wijaya, Prima Soultoni Akbar, Hartaty Sarma Sangkot

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.