APPLICATION DESIGN OF WEB-BASED CLINIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v9i1.1572

Keywords:

design, application, crm, clinic, web

Abstract

Kunci kesuksesan suatu instansi tidak hanya terletak pada kualitas produk atau layanannya, tetapi juga pada seberapa banyak usaha yang harus dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan kemudian memberi mereka layanan terbaik dan ternyaman sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia. Customer Relationship Management (CRM) tidak hanya dapat menjamin loyalitas pelanggan terhadap suatu produk, tetapi juga loyalitas kepada perusahaan dan instansi tersebut dalam memberikan jasa kesehatan di suatu klinik. Penerapan strategi CRM bertujuan untuk menarik pelanggan baru, meningkatkan hubungan pelanggan dan mempertahankan pelanggan, sehingga memperoleh loyalitas pelanggan jangka panjang. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak E-CRM, dengan menggunakan metode action research. Tahapan yang dilakukan dalam action research yaitu diagnosing, planning action, taking action, evaluating action. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi customer relationship management klinik berbasis web yang dikembangkan dengan pemrograman PHP dan MySQL. Aplikasi ini menampilkan seputar informasi terkait layanan dan fasilitas klinik yang dapat diakses oleh pengguna. Kontak dan link sosial media memudahkan pengguna untuk tetap berhubngan dengan pihak klinik untuk menanyakan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi customer relationship managemen dalam strategi branding membantu dalam memperkenalkan klinik melalui media web. Hubungan jangka panjang antara pasien dan klinik akan tetap terjaga melalui sebuah sistem aplikasi yang informatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. RI, Permenkes No. 28. Indonesia, 2011.

A. Vaish, A. Vaish, R. Vaishya, and S. Bhawal, Customer relationship management (CRM) towards service orientation in hospitals A review, Apollo Med., vol. 13, no. 4, pp. 224–228, Dec. 2016.

S.-Y. Hung, W.-H. Hung, C.-A. Tsai, and S.-C. Jiang, Critical factors of hospital adoption on CRM system Organizational and information system perspectives, Decis. Support Syst., vol. 48, no. 4, pp. 592–603, Mar. 2010.

Hasan, Action Research Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat, AKSES J. Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 8, p. 12, 2009.

I. Bisnis et al., Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pelanggan Di Masa Pandemi, J. Ekon. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 80–91, 2021

.A. L. Kotsenas, M. Arce, L. Aase, F. K. Timimi, C. Young, and J. T. Wald, The Strategic Imperative for the Use of Social Media in Health Care, J. Am. Coll. Radiol., vol. 15, no. 1, pp. 155–161, Jan. 2018.

S. K. Badam and N. Elmqvist, Effects of screen-responsive visualization on data comprehension, Inf. Vis., vol. 20, no. 4, pp. 229–244, Oct. 2021.

P. Seeling, Dataset for WWW landing pages webobject retrieval performance evaluation, Data Br., vol. 30, p. 105429, Jun. 2020.

M. Noorhansyah and A. Pratomo, Penerapan Model Customer Relationship Management Pada Metodologi Fast (Studi Kasus Pengembangan Portal Akademik Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin), J. POSITIF, vol. I, no. 2, pp. 25–32, 2016.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Wijaya, A., Akbar, P. S., & Sangkot, H. S. (2023). APPLICATION DESIGN OF WEB-BASED CLINIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 9(1), 15–20. https://doi.org/10.31961/positif.v9i1.1572