Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Pengukuran Implementasi E-Learning Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1016Keywords:
Validity Test, Reliability Test, Instruments, E-learning Measurement, User SatisfactionAbstract
Pelaksanaan kuliah secara daring memerlukan persiapan dan dukungan sumber daya yang memadai antara lain pertama adalah Software atau tools yang digunakan dalam perkuliahan daring, dimana Poliban memiliki elearning yang bisa dimanfaatkan atau bisa menggunakan tools lainnya. Kedua Hardware atau perangkat computer dengan spesifikasi yang diperlukan salah satunya ada kamera yang digunakan untuk video conference, dan yang sangat penting adalah koneksi jaringan internet yang stabil. Oleh karenanya jika minimal tiga hal tersebut dapat terpenuhi, maka perkuliahan secara daring dapat terlaksana dengan baik. Akan tetapi dalam realitanya ada beberapa masalah yang dihadapi baik oleh dosen maupun mahasiswa terutama terkait sinyal jaringan internet yang kurang stabil, sehingga pelaksanaan kuliah daring tidak dapat berjalan maksimal. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pengguna dibutuhkan suatu instrument pengukuran implementasi E-learning terhadap kepuasan pengguna. Dalam pembuatan suatu model instrument yang baik diperlukan suatu pengujian untuk memastikan bahwa indicator yang digunakan dalam instrument yang digunakan valid dan dapat dipercaya dan memiliki tingkat reliabilitas yang baik
Berdasarkan permasalahan yang telah disebutkan di atas maka penelitian kali ini akan melakukan pengujian instrument dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dimana dalam proses analisisnya digunakan kerangka kerja penerapan Partial Least Square (PLS) di dalam SEM yang merupakan sebuah model statistik yang memberikan perkiraan perhitungan dari kekuatan hubungan hipotesis di antara variabel dalam sebuah model teoritis
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa hasil uji validitas dari instrumen pengukuran implementasi e-learning pada kepuasan pengguna di politeknik negeri Banjarmasin mendapatkan nilai loading factor di atas 0,5 terhadap konstruk yang dituju, hasil ini menunjukkan bahwa indikator yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah valid atau telah memenuhi convergent validity, selanjutnya berdasarkan uji reliabilitas menunjukan bahwa nilai composite reliability untuk semua konstruk adalah di atas 0,7 yang menunjukkan bahwa semua konstruk pada model yang diestimasi memenuhi kriteria discriminant validity. Nilai composite reliability yang terendah adalah sebesar 0,837 pada konstruk Kualitas Sistem, hal ini menunjukkan bahwa instrumen uji menunjukkan tingkat reliabilitas yang baik, atau dengan kata lain data hasil angket dapat dipercaya.
Downloads
References
R. Indonesia, “Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2O19 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,†no. 009545, 2019.
M. Pendidikan, D. A. N. Kebudayaan, and R. Indonesia, “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI.,†pp. 2013–2015, 2013.
M. P. Berlianto, “Anteseden dan Konsekuensi Kepuasan terhadap Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa,†J. Ekon. dan Bisnis, vol. 20, no. 2, p. 229, 2017, doi: 10.24914/jeb.v20i2.1023.
B. W. Surya and D. Makhmudin, “Kajian Perilaku Pengguna e-Learning dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ) ( Studi Kasus : e-learning Universitas Padjadjaran ),†vol. 13, no. 1, pp. 1–9, 2019.
H. K. Yau and A. L. F. Cheng, “The influence of study mode on the confidence in using technology for learning: An empirical study in hong kong higher education,†Lect. Notes Eng. Comput. Sci., vol. 2203, pp. 909–911, 2013.
V. Venkatesh and F. D. Davis, “Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies,†Manage. Sci., vol. 46, no. 2, pp. 186–204, 2000, doi: 10.1287/mnsc.46.2.186.11926.
A. Al-Swidi, S. M. R. Huque, M. H. Hafeez, and M. N. M. Shariff, “The role of subjective norms in theory of planned behavior in the context of organic food consumption,†Br. Food J., vol. 116, no. 10, pp. 1561–1580, 2014, doi: 10.1108/BFJ-05-2013-0105.
S. J. Laskowski, “Improving the Usability & Accessibility of Voting Systems & Products.†2015.
F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,†MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989, doi: 10.2307/249008.
C. Adesina, A.A. & Ayo, “An Empirical Investigation of the Level of Users’ Acceptance of E - Banking in Nigeria,†J. Internet Bank. Commer., vol. 15, 2010.
S. Y. Park, “An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students,†J. Educ. Technol. Soc., vol. 12, no. 3, 2009.
R. L. Oliver, “A Cognitive Model of the Antecedents and Conseqences of Satisfaction Decisions,†J. Mark. Res., vol. 17, no. 4, 1980, doi: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
R. E. Anderson and S. S. Srinivasan, “E-Satisfaction and E-Loyalty: A Contingency Framework,†Psychol. Mark., vol. 20, no. 2, pp. 123–138, 2003, doi: 10.1002/mar.10063.
Solimun, Structural Equation Modeling (SEM). Malang: Universitas Brawijaya, 2005.
U. Sekaran, Reserch Methods for Business: A Skill Building Approach, edisi 4., John Willey & Sons. Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rahimi Fitri, Syamsudin Noor, Ida Hastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.