Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran Kampoeng Hayam Kota Serang

Authors

  • Syifa Unisa Ilmu Administrasi Niaga, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten Email: 3
  • Miftah Faiz Ali Ramdhani
  • Mahmud Ali Ilmu Administrasi Niaga,Sekolah Tinggi Ilmu administrasi Banten

DOI:

https://doi.org/10.1234/jbm.v3i1.2491

Keywords:

Labelisasi Halal, Minat Beli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengidentifikasi labelisasi halal di Restoran Kampoeng Hayam; 2) Mengidentifikasi keinginan untuk membeli barang di Restoran Kampoeng Hayam; dan 3) Mengidentifikasi pengaruh label halal terhadap keinginan untuk membeli barang di Restoran Kampoeng Hayam. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Untuk menyelidiki populasi atau sampel tertentu, data dikumpulkan dengan instrumen penelitian dan dianalisis secara statistik untuk menguji hipotesis yang telah dibuat. Konsumen yang pernah makan di Restoran Kampoeng Hayam Kota Serang pada tahun 2021 adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 7.292 orang, dengan 100 sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental non-probability. Penelitian ini menggunakan metode analisis seperti uji validitas, reliabilitas, deskripsi, korelasi sederhana, regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Labelisasi Halal dan Minat Beli Konsumen; perhitungan koefisien determinasi (R Square) adalah 0,716, atau 71,6 persen, yang menunjukkan bahwa variabel Labelisasi Halal memiliki pengaruh sebesar 71,6 persen terhadap Minat Beli Konsumen, dan faktor lain yang tidak diteliti memiliki pengaruh sebesar 28,6 persen.. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel, yaitu 15,669 Karena t-hitung lebih besar daripada t-tabel, Ha diterima dan Ho ditolak.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I. V. W. (2015). Pengaruh suasana toko (store atmosphere) dan lokasi terhadap minat beli konsumen studi kasus pada Distro Koffin Store di Yogyakarta [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/873/

Aisy, N. S. (2022). PENGARUH LABELISASI HALAL, PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SNACK KEMASAN (STUDI PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1), Article 1. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8033

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang. (2020). Data penduduk [Personal communication].

Ihyaudin. (2022). Data Penjualan Restoran Kampoeng Hayam Kota Serang [Personal communication].

LPPOM MUI Provinsi Banten. (2021). Data UMKM Halal Kabupaten/Kota Di Banten [Personal communication].

Mayasari, S., & Safina, W. D. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN AYAM GORENG KALASAN CABANG ISKANDAR MUDA MEDAN. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.7

Meldarianda, R., & S, H. L. (2010). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA RESORT CAFÉ ATMOSPHERE BANDUNG. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 17(2), Article 2. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/329

Murni, S., & Fajrina, N. (2021). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MAKANAN RINGAN (Studi Komparatif Pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 8(2), Article 2.

Keputusan Menteri Agama R.I. Nomor 518 Tahun 2001 Tanggal 30 Nevember 2001 TENTANG PEDOMAN DAN TATA CARA PEMERIKSAAN DAN PENETAPAN PANGAN HALAL, (2021). https://docplayer.info/38796231-Keputusan-menteri-agama-r-i-nomor-518-tahun-2001-tanggal-30-nevember-2001-tentang-pedoman-dan-tata-cara-pemeriksaan-dan-penetapan-pangan-halal.html

Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK SHOPEE MELALUI CELEBRITY ENDORSER. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (1st ed.). Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (4th ed.). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1176974

Yuliani, O. (n.d.). PENGARUH PENCANTUMAN LABEL HALAL TERHADAP DAYA TARIK DAN MINAT BELI MASYARAKAT MUSLIM DI STEAK RANJANG BANDUNG.

Published

31-03-2024

How to Cite

Unisa, S., Faiz Ali Ramdhani, M., & Ali, M. (2024). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran Kampoeng Hayam Kota Serang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 19–31. https://doi.org/10.1234/jbm.v3i1.2491