Pengaruh Kenaikan Cukai dan Ekuitas Merek Rokok Elektrik terhadap Keputusan Pembelian Vape di Ej33 Vape Benua Anyar
DOI:
https://doi.org/10.1234/bima.v3i2.14547Keywords:
ekuitas merek, kenaikan cukai, keputusan pembelianAbstract
Merokok telah menjadi pemandangan umum di Indonesia. Saat ini, di kalangan masyarakat, khususnya di kota Banjarmasin, fenomena penggunaan vape semakin populer. Faktor kenaikan cukai dan ekuitas merek rokok elektrik menjadi pertimbangan utama dalam keputusan pembelian vape di masyarakat. Kenaikan cukai saat ini meningkat karena tingginya minat terhadap rokok elektrik, sementara merek menjadi elemen penting agar produk lebih mudah diingat konsumen, terutama di kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa pengguna rokok elektrik (vape), dengan sampel sebanyak 366 responden. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F secara simultan diperoleh nilai sebesar 35.053, yang sesuai dengan kriteria uji F sehingga Ha diterima, menandakan adanya pengaruh yang signifikan. Uji t parsial menunjukkan bahwa pengaruh kenaikan cukai terhadap keputusan pembelian sebesar -2.006, yang berarti Ho ditolak, mengindikasikan tidak ada pengaruh terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, ekuitas merek memiliki nilai sebesar 8.109, sehingga Ha diterima, menandakan adanya pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis regresi berganda, diperoleh model persamaan regresi Y = 14.042 – 0.107(X1) + 0.053(X2). Ini menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek lebih dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian, dengan koefisien regresi sebesar 0.053, yang menandakan bahwa ekuitas merek memainkan peran lebih besar dalam keputusan pembelian.
Downloads
References
Aaker, David. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum
Abilangga, H. P. (2017). Hubungan Terpaan Informasi Rokok Elektrik Lebih Aman 95% dari Rokok Konvensional dan Tingkat Pengetahuan Tentang Rokok Elektrik dengan Minat Menggunakan Rokok Elektrik. Ejournal3.Undip, 1-14.
Akbar, Wahyu & Septiana Wulansari. 2022. Pandangan Ekonomi Syariah Atas Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, Dan Distribusi Terhadap TrendKeputusan Pembelian Rokok Elektrik (Studi PadaMahasiswa Di Kota Palangka Raya). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. 2 (1), 422-432.
Bagaskoro, Sang Aji. 2020. Ratnawati, Christina. 2011. “Pengaruh Kenaikan Harga Rokok, Iklan Promosi Rokok dan Gaya Hidup terhadap Niat Beli Rokok”. Yogyakarta: Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Ikhsana, P. D., Prisanto, G. F., & Anggraini, R. 2019. Penerapan Strategi E-Marketing Communication dan Ekuitas Merek Siaranku. com Terhadap Loyalitas Viewers. Inter Komunika, 4(1), 58–74.
Iswandi, S. M. (2015, Oktober). Bahaya Rokok Elektronik. Retrieved from perpustakaan BPOM.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Nanda, S. (2024, mei 22). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Jenis & Contoh. Retrieved from brainacademy.id/blog/penelitian-kuantitatif.
Salma. (2023, juni 9). Populasi dan Sampel: Pengertian, Perbedaan, dan Contoh. Retrieved from penerbitdeepublish.com/populasi-dan-sampel/.
Umar, A. (2023, juni 27). Vavor Elektrik dikalangan remaja. Retrieved from tabloidmatahati.