Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepercayaan Pelanggan (Konsumen) di Erha Skin Padang

Authors

  • Irdha Yusra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Widia Wati Rizki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Padang

DOI:

https://doi.org/10.31961/ijaaf.v1i1.1166

Keywords:

Product Quality, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Promotion and Customer Trust

Abstract

Companies engaged in the service sector must be able to maintain a good reputation in the eyes of their customers. However, there are still many complaints that are felt by customers. This study aims to determine Product Quality, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Promotion and Customer Trust in Erha Skin Padang. The samples were determined by using the Stratified Random Sampling technique with a total of 56 customers (consumers). Data were collected through questionnaires and then analyzed statistically descriptive and Independent-Sample T-Test with the SPSS version 16 program. The results of the data analysis show that Product Quality, Tangibles, Reliability, Responsiveness and Emphasis are the main factors that determine the level of customer trust. Meanwhile, Assurance and Promotion have a less dominant contribution to customer trust

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang). Universitas Diponegoro Semarang.

Alaan, Y. (2016). Pengaruh Service Quality (Tangible, Empathy, Reliablitity, Responsiveness Dan Assurance) Terhadap Customer Satisfaction: Penelitan Pada Hotel SerelaBandung. Jurnal Manajemen Maranatha, Vol.13(No.2).

Andini, N. (2014). Pengaruh Viral Marketing (Promosi) Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian.

Angga Luthfi Al Ijie. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melali Kepercayaan Pelanggan sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Diponegoro, Vol.4(No.4), Hal.1-10.

Edastama. (2014). Pengaruh Kualitas Service Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Kecenderungan Berperilaku Mahasiswa pada Perguruan Ttinggi di Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, Vol.7(No.1).

Ferninda Manoppo. (2013). Kualitas Pelayanan, Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Gran Puri Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1341-1348.

Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.†Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guspul. (2014). Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Wonosobo. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Vol.1(No.3).

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Media, Gava.

Hera. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna ATM.Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Jasmani. (2019). Pengaruh Promosi dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan (Studi PT. Baja Perkasa Jakarta). Jurnal Ilmiah Semarak, Vol.1(No.3), 142.

Jayanti. (2016). Kualitas Pelayanan ( Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles ) di Legend Premium Coffee Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kamaludin. (2013). Kualitas Produk Sebagai Faktor Penting dalam Pemasaran Ekspor pada PT. Eurogate Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). Pearson Education,Inc.

Lubis, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Sucofindo Batam. Journal of Business Administration, Vol. 1 No.,1–4.

Magdalena, D. (2019). ‘Analisis Pengaruh KUualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Konsumen dengan Indeks Kepuasan Metode IPA (Importance-Performance Analysis). Jurnal.Teknikunkris.Ac.Id.

Mahendra. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Jurnal AGORA, Vol.7, No:1.

Mashkhuroh, H. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Motivasi terhadap Keputusan Nasabah menggunakan Produk Perbankan Syariah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening.

Molden Elrado. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan Dan Loyalitas (Survei Pada Pelanggan Yang Menginap Di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu). Jurnal Adminsitrasi Bisnis, Vol. 15(Universitas Brawijaya), No.1.

Muhammad Taufik. (2011). Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada PT. Dewi Sartika Tour & Travel di Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management (Edisi Kedu). Ghalia Indonesia.

Rendi Budi Pratama. (2017). Analisis Pengaruh Promosi dan Perspesi Keamanan terhadap Kepercayaan Serta Implikasinya terhadap Minat Beli di E-Comerce.

Rita Puspita. (2017). Pengaruh factor Sosial, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan merek serta dampaknya pada Loyalitas Pelaggan Telepon Selular. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, Vol.1(No.1).

Santoso. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Wonogiri. Jurnal Riset Manajemen & Akuntansi, Vol.2(No.3).

Sukmawati, I. dan J. D. . M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol.3(No.3), Hal. 733.

Sulaksana. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Syarif Dicky. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Isi Ulang Di Kota Surakarta.

Tamara. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, vol.13(No.1).

Trisnadi, D. & N. S. (2013). “Pengaruh Kualitas produk Tabungan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Kmebali di Cimb Niaga (Studi Kasus PT Bank Cimb Niaga TBK Bintaro).†(Online), (Https://Scholar.Google.Co.Id/, Diakses 08 Februari 2018). Sumber : data primer yang diolah 2020

Tyas, D. (2012). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bmt Sumber Mulia Tuntang. Vol. 3, No 2.

Wibowo, D. (2013). Pengaruh Persepsi KualitasPelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi, 4(1): 56-64.

Yee, dkk. (2010). T.M. “Factors Affecting Customer Loyalty of Using Internet Banking in Malaysia.†Journal of Electronic Banking Systems, 20, 1–21.

Yossi Lusiana, Aldri Frinaldi, N. E. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan PBPU BPJS Kesehatan Padan BPJS Kesehatan Cabang Padang Di Kota Padang. Jmiap.Ppj.Unp.Ac.Id, Vol.2 No.1.

Yudiatma, D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ARFA Barbershop di Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol.15(No.3), 346–353.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Irdha Yusra, & Widia Wati Rizki. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepercayaan Pelanggan (Konsumen) di Erha Skin Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 85–113. https://doi.org/10.31961/ijaaf.v1i1.1166

Issue

Section

Articles