Indonesia ANALISIS PENGARUH BIAYA ADVERTISING, BIAYA PERSONAL SELLING, DAN BIAYA SALES PROMOTION TERHADAP LABA BERSIH PADA PT. MITRA JAYA NUSA PERSADA

Indonesia

Penulis

  • Luthfia Ayu Karina Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Puji Rahayu Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Nazaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31961/ijaaf.v1i2.1183

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara biaya advertising, biaya personal selling, dan biaya sales promotion terhadap laba bersih PT. Mitra Jaya Nusa Persada periode Januari 2018 s.d Desember 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan analisis yang digunakan yaitu Uji tabel deksriptif statistik, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji t partial, serta uji f simultan dengan bantuan komputer program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengujian, secara simultan biaya advertising, biaya personal selling, dan biaya sales promotion hanya memiliki pengaruh ke laba bersih sebesar 9,4%. Sedangkan sisanya sebesar 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa biaya advertising, biaya personal selling, dan biaya sales promotion memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan dan biaya sales promotion merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap laba bersih PT. Mitra Jaya Nusa Persada.

 

Kata Kunci: Biaya, Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Laba Bersih

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardin. (2018). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Profitabilitas. Indonesian Journal of Fundamental Sciences, 4 (2), 128-135. doi: https://doi.org/10.26858/ijfs.v4i2.7641

Dane, N., Sukaatmadja, IPG. & IW. Budiasa. (2013). Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap Nilai Penjualan Produk pada UD. Kopi Bali Banyuatis Singaraja. Jurnal Manajemen Agribisnis, 1 (1). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/7906

Felicia & Gultom, Robinhot. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2015. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 1 (1), 1-12. Retrieved from http://methonomi.net/index.php/jm/article/view/74

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Principles Of Marketing Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. New Zealand: Pearson Education, Inc.

Rustami, Putu, Kirya, I. K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/4305/3329

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles