ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN PEMUKIMAN MENGGUNAKAN METODE SKORING DAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI

Studi Kasus : Kelurahan Kelayan Dalam

  • Heny Ningtyas Suhel Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Arif Eko Wibawanto Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rifkon Hidayat Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Seiring dengan perkembangan kegiatan perkotaan salah satu dampak yang timbul adalah masalah pemukiman di daerah perkotaan. Salah satu parameter yang mengakibatkan terjadinya masalah pemukiman adalah tingginya angka kepadatan penduduk. Tingginya kepadatan pemukiman akan berpengaruh terhadap kualitas lingkungan pemukiman.


    Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan Kelurahan Kelayan Dalam dengan objek utama sehingga dalam penelitian ini mengambil pada lokasi yang memiliki penduduk yang sangat padat, pada Kelurahan Kelayan Dalam, luas wilayah : 0.35/km2 jumlah penduduk 10.503 jiwa/km2 dengan kepadatan penduduk 30.009/km.


     Untuk Mengetahui kajian kualitas lingkungan pemukiman di Kelurahan Kelayan Dalam dengan analisis spasial SIG dengan lima parameter Kesesuian Kelas Pohon Pelindung, Lebar Jalan, dan Kondisi Jalan Masuk, Kepadatan Pemukiman dan Pola Tata Letak Bangun Kelayan Dalam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pengambilan data secara acak (Proportional Random Sampling) dan menggunakan metode analisis pembobotan (scoring).


     Hasil dari pembuatan peta kualitas lingkungan pemukiman Kelayan Dalam mencapai Hasil kualitas lingkungan di Kecamatan Banjarmasin Selatan pada Kelurahan Kelayan Dalam dengan kepadatan pemukiman dan pola tata letak bangun didapatkan setiap interval kelasnya, maka pada hasil penilaian dalam kualitas lingkungan terbilang dalam kelas cukup baik dengan persentase 80.79% dan ditinjau dari pohon pelindung, lebar jalan masuk dan kondisi jalan masuk, di Kelurahan Kelayan Dalam untuk kualitas lingkungan dengan terbilang kelas baik dengan persentase 58.45%.

Author Biographies

Arif Eko Wibawanto, Politeknik Negeri Banjarmasin

Program Studi D3 Teknik Geodesi

Rifkon Hidayat, Politeknik Negeri Banjarmasin

Prodi D3 Teknik Geodesi

References

[1] Ambrasakti Yoga. 2006 dan 2010. Analisis Kualitas Lingkungan Permukiman Dengan Menggunakan Aplikasi Citra Penginderaan Jauh Tahun 2006 dan 2010. Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[2] Avandi. 2014. Persepsi Masyarakay Terhadap Lingkungan Pemukiman. Skripsi : Universitas Andalas.

[3] Rahmawati, 2012. Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Permukiman. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yudosono dkk, 1997 dalam Komarudin, Persepsi Masyarakat Terhadap Lingkungan Perumahan dan Pemukiman.

[4] Prahasta,Eddy. 2001. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Penerbit Informatika Bandung. Bandung
Published
2019-11-26
How to Cite
SUHEL, Heny Ningtyas; WIBAWANTO, Arif Eko; HIDAYAT, Rifkon. ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN PEMUKIMAN MENGGUNAKAN METODE SKORING DAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 78-84, nov. 2019. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/795>. Date accessed: 13 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.31961/intekna.v19i2.795.