ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA (STUDI KASUS: SDN 2 ANJIR SERAPAT TENGAH)

Main Article Content

Agus Irwandi

Abstract

Prosedur pengolahan nilai yang dilakukan pada SD Negeri Anjir Serapat Tengah masih menggunakan cara yang sederhana yaitu dengan penghitungan secara manual ataupun menggunakan aplikasi komputer yang masih sangat sederhana yaitu Microsoft Excel 2007, tentunya sistem pengolahan nilai ini masih kurang efektif dan efisien dalam proses pengolahan nilai siswa.

Sistem ini dibuat berdasarkan metode penelitian terapan yaitu salah satu jenis penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan hasil penemuan guna memecahkan permasalahan secara praktis yang sedang dialami dalam suatu organisasi. penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data. Penelitian ini juga mengguanakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi kepustakaan. SDLC (System Development Life Cycle) atau Siklus Hidup Pengembangan Sistem digunakan untuk metode pengembangan sistemnya.

Penelitian ini menghasilkan sistem informasi pengolahan nilai siswa pada SD Negeri 2 Anjir Serapat Tengah berbasis IDE Netbeans 7.1 dan MySQL 5.0, yang digunakan untuk mempermudah pengolahan dan penginputan nilai siswa tiap semester sehingga informasi yang dihasilkan menjadi lebih akurat, cepat dan mudah untuk didapatkan sehingga kinerja guru dan wali kelas menjadi lebih baik.

Kata Kunci : Perancangan, Implementasi, Sistem Informasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IRWANDI, Agus. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA (STUDI KASUS: SDN 2 ANJIR SERAPAT TENGAH). POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2015. ISSN 2460-9552. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/203>. Date accessed: 20 nov. 2019.
Section
Articles