PENGENALAN PRODUK TENUN SARIGADING DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI MASYARAKAT

Penulis

  • rika novyanti Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Tarman Effendi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Novi Shintia Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1026

Kata Kunci:

Pengenalan Produk, Media Sosial, Persepsi

Abstrak

Media sebagai saluran komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan pengaruh yang positif ataupun pengaruh yang negatif  kepada konsumen dalam memberikan penilaian kepada suatu produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, pamor media sosial banyak digunakan sebagai media repository untuk berkomunikasi terutama khususnya adalah para anak milineal.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan terdiri dari 2 variabel penelitian yaitu, variabel pengenalan produk, dan variabel persepsi, dengan sampling penelitian adalah menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 orang pada usia pemilih 17 s/d 35 tahun di Banjarmasin yang telah ikut memilih pada tahun ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media sosial merupakan  sebuah aplikasi untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Pada produk tenun sarigading ini, cara pengenalan melalui media social dapat dilakukan melalui akun bisnis yang disediakan oleh media social, karena memiliki fitur-fitur yang menarik sehingga bisa dapat menciptakan optimalisasi untuk suatu produk. (2) mayoritas kaum milenial di Banjarmasin menggunakan media social whatsapp dan instagram (data menunjukkan bahwa di Banjarmasin terdapat 76% untuk pengguna whatsapp dan 60% pengguna instagram), sehingga kedua media social tersebut sangat tepat digunakan untuk melakukan pengenalan produk tenun sarigading.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : analisis, perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.

Mayfield 2008, What is social media, London

Rakhmat, Jalalludin. (2012). Psikologi Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Syaputra Iswandi, Rezim media. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013 hal 41

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset, Yogyakarta

Diterbitkan

30-11-2021

Cara Mengutip

novyanti, rika, Effendi, T., & Shintia, N. (2021). PENGENALAN PRODUK TENUN SARIGADING DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI MASYARAKAT. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 21(2), 72–78. https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1026