PENTINGNYA KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME BANJARMASIN

Penulis

  • Tarman Effendi
  • Sari Maharani a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Politeknik Negeri Banjarmasin";}
  • Linda Permanasari

Kata Kunci:

Kualitas layanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa provider Indihome di Banjarmasin terhadap kepuasan dan loyalitas konsumennya. Metode penelitan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner dengan skala likert disebarkan kepada 99 orang pengguna jasa Indihome di Banjarmasin. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah convenience sampling yaitu dengan membagikan kuesioner di gerai Indihome, Banjarmasin. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan analisis jalur / path analysis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variable reliability/ kehandalan dan empati berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya juga ditemukan bahwa variable kehandalan/reliability juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andita LES Putri. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Wifi Indihome Surabaya. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya.

Chen C F. and Meng H.T. (2008). Perceived value satisfaction, and loyalty travel product shoping: lnvolvement as a moderator. Tourism management. Vol.29. Pp 1166-1171

Ejigu, S.N. (2016). E-banking service quality and its impact on customer satisfaction in State Owned Banks in East Gojjam Zone; Ethiopia. Global Journal of Management and Business Research, 16(18), 24-35

Gronroos, C. (1984). A service quality model and its implications. European Journal of Marketing, 18(4), 36-44.

Hana Hanita. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Atas Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Indihome. Skripsi. Universitas Katolik Parahiyangan. Bandung.

Jayaraman, M., Shankar C. & Hor, W. M. (2010). Service quality delivery and its impact on customer satisfaction in the banking sector in Malaysia. International Journal of Innovation, Management and Technology, 1(4), 398-404.

Kementrian Komunikasi & Informatika, (2021).Internet, Primadona Kala Pandemi. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36448/internet-primadona-kala-pandemi/0/artikel

Keshavarz, Y & Jamshidi D, (2018) "Service quality evaluation and the mediating role of perceived value and customer satisfaction in customer loyalty", International Journal of Tourism Cities, Vol. 4 Issue: 2, pp.220-244

Kevin Kalfiansyah. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Kohar Sulistiyadi (2019). Peningkatan Kualitas Layanan Indihome Mengunakan Metode Service Quality, Quality Function Deployment Dan Net Promoters Score di PT Telkom Akses. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal. E-ISSN : 2621-5586. Vol 1, No 2 (2019). https://doi.org/10.36441/seoi.v1i2.179

Lai F., Mitch G, Barry J. Babin. (2009). How quality, value, image and satisfaction create loyalty at a Chinese telecom. Journal of business research. Vol 62. pp 980-986

Leo Dwi Jatmiko. (2021). Ada Pandemi, Indihome Raup Pendapatan Rp. 22,2 Triliun pada 2020. https://teknologi.bisnis.com/read/20210430/101/1388644/ada-pandemi-indihome-raup-pendapatan-rp222-triliun-pada-2020

Mahdi L Damsir. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Layanan Indihome di Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru

Mohammad, T. S., Asaad, A. K. & Ihab, S. Q. (2018). The impact of e-banking services quality on customers satisfaction moderated by customer trust: a survey on Arab Bank in Amman, Jordan. Journal of AlQuds Open University for Administrative & Economic Research, 3(9), 25-37.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40

Qin, H., Prybutok, V. R. (2009). Service Quality, Customer Satisfaction, And Behavioral Intentions In Fast-Food Restaurants. International Journal of Quality and Service Sciences, 1(1): 78-95

Rafki Testy. (2019). Kualitas Pelayanan Jasa Produk Indihome Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK. e-Proceeding of Applied Science : Vol.5, No.1 April 2019. ISSN : 2442-5826. https://core.ac.uk/download/pdf/299928321.pdf

Sadaf, F. & Rahela, F. (2019). Service quality to e-service quality: a paradigm shift. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Bangkok, Thailand, March 5-7, 1656-1666.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A. & Malhotra, A. (2000). A conceptual framework for understanding e-servicequality: implication for future research and managerialpractice. Marketing Science Institution,Report No. 00-115

Diterbitkan

31-05-2023

Cara Mengutip

Effendi, T., Maharani, S., & Permanasari, L. (2023). PENTINGNYA KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 23(1), 15–23. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1626