PENGENALAN PRODUK TENUN SARIGADING DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1026Kata Kunci:
Pengenalan Produk, Media Sosial, PersepsiAbstrak
Media sebagai saluran komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan pengaruh yang positif ataupun pengaruh yang negatif kepada konsumen dalam memberikan penilaian kepada suatu produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, pamor media sosial banyak digunakan sebagai media repository untuk berkomunikasi terutama khususnya adalah para anak milineal.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan terdiri dari 2 variabel penelitian yaitu, variabel pengenalan produk, dan variabel persepsi, dengan sampling penelitian adalah menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 orang pada usia pemilih 17 s/d 35 tahun di Banjarmasin yang telah ikut memilih pada tahun ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media sosial merupakan sebuah aplikasi untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Pada produk tenun sarigading ini, cara pengenalan melalui media social dapat dilakukan melalui akun bisnis yang disediakan oleh media social, karena memiliki fitur-fitur yang menarik sehingga bisa dapat menciptakan optimalisasi untuk suatu produk. (2) mayoritas kaum milenial di Banjarmasin menggunakan media social whatsapp dan instagram (data menunjukkan bahwa di Banjarmasin terdapat 76% untuk pengguna whatsapp dan 60% pengguna instagram), sehingga kedua media social tersebut sangat tepat digunakan untuk melakukan pengenalan produk tenun sarigading.
Unduhan
Referensi
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : analisis, perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.
Mayfield 2008, What is social media, London
Rakhmat, Jalalludin. (2012). Psikologi Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Syaputra Iswandi, Rezim media. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013 hal 41
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset, Yogyakarta