PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN PELEBURAN LOGAM DENGAN TANUR KUPOLA

Penulis

  • Muhammad Kasim Pengajar Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Hermansyah Hermansyah Pengajar Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Norhafani Norhafani Pengajar Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Engineering Software, Perhitungan Tanur Kupola, Pengecoran

Abstrak

Tanur kupola yang merupakan salah satu jenis dapur peleburan logam yang cukup populer. Pada penggunaan kupola sebagai tanur peleburan logam diperlukan pengetahuan tentang perhitungan-perhitungan dasar yang berkaitan dengan kapasitas peleburan, debit angin yang dibutuhkan, jumlah kokas yang diperlukan dalam persentase yang tepat dan pertimbangan lainnya yang dapat mempengaruhi optimasi penggunaan tanur kupola.

Data yang diperoleh dari komunitas praktisi pengecoran logam Indonesia (HAPLI) menyebutkan setidaknya diperlukan enam langkah perhitungan yang berkaitan dengan perhitungan dasar tanur kupola diantaranya: perhitungan volume angin yang diperlukan berdasar hasil reaksi antara karbon dan oksigen, perhitungan volume angin berdasar kokas yang digunakan dengan memperhatikan diameter dalam kupola, jumlah kokas yang akan digunakan dan kandungan karbon dari kokas. Perhitungan kapasitas peleburan juga penting untuk dilakukan untuk mengetahui berapa ton logam yang dapat dileburkan perjamnya. Penelitian ini merancang suatu aplikasi perhitungan tanur kupola berupa program yang berjalan di lingkungan (Graphical User Interface). Program tersebut dirancang dengan compiler Delphi dan dapat berjalan di OS Windows. Program perhitungan ini diharapkan akan sangat membantu para teknisi maupun praktisi pengecoran logam sehingga dapat bekerja lebih baik dengan perhitungan yang akurat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Borland, I. (1995). Delphi User ’ s Guide. USA.
Cantù, M. (2008). Delphi 2009 Handbook. Italy.
Eko Indriyawan (2008). Membangun Sistem Andal Dengan Delphi. Penerbit: Andi Yogyakarta.(ISBN:978-979-29-0360-7)
Wahana Komputer (2003). Panduan Praktis Pemrograman Borland Delphi 6.0. Penerbit: Andi Yogyakarta.(ISBN:979-533-947-8)
Widodo (2011) Komunitas Pengecoran Logam Indonesia (HAPLI)
Sudiar, A. (2018) Merancang Aplikasi Dengan Delphi. Penerbit: CV. Ahatex (ISBN: 978-602-52605-4-4)

Diterbitkan

30-05-2019

Cara Mengutip

Kasim, M., Hermansyah, H., & Norhafani, N. (2019). PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN PELEBURAN LOGAM DENGAN TANUR KUPOLA. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 19(1), 21–28. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/719