ANALISA KETERSEDIAAN AIR DAERAH ALIRAN SUNGAI BARITO HULU DENGAN MENGGUNAKAN DEBIT HASIL PERHITUNGAN METODE NRECA

Penulis

  • Salmani . Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fakhrur Razi
  • M. Wahyudi

Abstrak

Kabupaten Murung Raya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang berada di pedalaman pulau kalimantan dan terletak di daerah khatulistiwa dengan ibukota Kabupaten di Kota Puruk Cahu. Sungai barito hulu merupakan induk dari be-berapa anak sungai yang ada di wilayah kabupaten murung raya yaitu : Sungai Laung, Sungai Babuat, Sungai Joloi, Sungai Busang. Debit Sungai Barito Hulu pada saat ini di-pergunakan untuk memenuhi berbagai macam sektor kebutuhan air disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito Hulu yaitu di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

Ketersediaan air dihitung dengan Metode Debit Andalan. Data yang diperlukan untuk analisa ketersediaan air adalah data debit sungai bulanan atau harian dengan periode waktu lebih besar dari 10 tahun, dimana data ini tidak ada sehingga debit bulanan di-simulasikan berdasarkan data hujan dan data evapotranspirasi potensial pada daerah penelitian dengan bantuan model matematik hubungan hujan-limpasan. Model hubungan hujan-debit dengan interval bulanan yang digunakan adalah NRECA. Dari Metoda Ke-tersediaan Air/Debit andalan DAS Barito Hulu menggunakan debit hasil perhitungan Me-tode Nreca menunjukan bahwa debit andalan 80% didapat rata-rata per bulan 349,853 m3/detik, dan 85% didapat rata-rata per bulan 261,675 m3/detik. Ketersediaan Air/Debit Andalan 90% didapat rata-rata per bulan 167,094 m3/detik. Ketersediaan airĀ  95% di-dapat rata-rata per bulan 97.384 m3/detik, dan 99% didapat rata-rata per bulan 69,170 m3/detik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

., S., Razi, F., & Wahyudi, M. (2015). ANALISA KETERSEDIAAN AIR DAERAH ALIRAN SUNGAI BARITO HULU DENGAN MENGGUNAKAN DEBIT HASIL PERHITUNGAN METODE NRECA. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 13(2). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/123

Terbitan

Bagian

Articles