AKUNTANSI PERSEDIAAN UNTUK USAHA MIKRO (STUDI KASUS PADA TOKO P.V.M HANIFAH SPORT BANJARMASIN)

Authors

  • Putriana Salman Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Gusti Rozian Noor

Keywords:

persediaan, pencatatan, penilaian persediaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencatatan dan penilaian persediaan barang pada Toko P.V.M Hanifah Sport Banjarmasin dengan menggunakan metode Perpetual dan metode first in first out (FIFO). Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 3 produk terlaris selama bulan Maret–Mei 2022 yaitu bola tenis, trophy onyx gelas, dan rompi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko P.V.M Hanifah Sport Banjarmasin selama ini belum melakukan sistem pencatatan dan penilaian persediaan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM). Hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan seperti kehilangan, kerusakan, kecurangan bahkan penyelewengan atas persediaan barang dagang yang dimiliki oleh Toko P.V.M Hanifah Sport. Dengan Pengelolaan persediaan yang baik dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan seperti penentuan harga pokok penjualan, perputaran persediaan, dan penentuan kapan harus membeli barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, Khuswatun, and Ritawati D Sinabang. 2021. Analisis Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Ikan Pada Perusahaan Perikanan Nusantara (Persero) Cabang Gorontalo.” JAAB: Journal of Applied Accounting And Business. Vol. 3. No. 2. Page 56–63.

Hery. 2015. Praktis Menyusun Laporan Keuangan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

———. 2021. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Indonesia, Ikatan Akuntan. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Karongkong, Kenny Regina, Ventje Ilat, and Victorina z Tirayoh. 2018. Penerapan Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada UD. Muda-Mudi Tolitoli. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern. Vol. 13. No. 2. Page 46–56.

Kementeriaan Koordinator Bidang erekonomian. 2022. Pengembangan UMKM Menjadi Necessary Condition Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi.

Kementerian Koperasi dan UMKM. 2022. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019.

Lestari, Putu Astri. 2020. Intermediate Accounting, Akuntansi Keuangan Menengah. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Menteri. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Paraswati, Sawindri Dyah, Jenny Morasa, dan Hendrik Gamaliel. 2021. Analisis Metode Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Barang Dagang Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 9. No. 1. Page 94–101.

Suci, Yuli Rahmini. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 6 No. 1.

Sumiyati dan Yatimatun Nafi’ah. 2019. Akuntansi Keuangan Untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Syam, Dhaniel, dan Sri Wahjuni Latifah. 2022. Akuntansi Keuangan Menengah. Malang: UMM Press.

Published

05/30/2024

How to Cite

Salman, P., & Noor, G. R. . (2024). AKUNTANSI PERSEDIAAN UNTUK USAHA MIKRO (STUDI KASUS PADA TOKO P.V.M HANIFAH SPORT BANJARMASIN). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 24(1), 39–47. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/2393