ANALISA SISTEM PENILAIAN TINGKAT KUALITAS PENGAJAR MENGGUNAKANLOGIKA FUZZY MAMDANI (STUDI KASUS PADA POLIBAN)

Penulis

  • Lea Emilia Farida Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Heru Kartika Candra Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstrak

Evaluasi kualitas pengajar sangat diperlukan, untuk mengetahui pengaruh pengajaran
seorang pengajar terhadap mahasiswa. Selama ini metode yang dipergunakan dalam evaluasi
kualitas pengajar adalah mempergunakan metode performance appraisal. Dengan
performance appraisal dapat membantu melakukan identifikasi kelemahan dan kekurangan
pengajar (Dessler, 2008).Namun metode ini memiliki beberapa kelemahan
(Dessler, 2008), diantaranya Halo effect,Central tendency,Leniency, dan Bias. Untuk mengatasi
masalah tersebut diperlukan suatu metode yaitu metode Fuzzy Mamdani yang
merupakan cara untuk memetakkan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Metode
ini merupakan kerangka matematis yang digunakan untuk mempresentasikan ketidakpastian,
ketidakjelasan, ketidaktepatan, kekurangan informasi, dan kebenaran parsial.
(Kusumadewi, Sri, 2000). Logika Fuzzy menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan
dengan metode lain, Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang telah
dilakukan, diantaranya : “Evaluation for Teaching Quality Based on Fuzzy Neural Network”
(Peng, Dong and Feng, Dai. 2009).Pada penelitian ini, untuk hasil evaluasi penilaian
tingkat kualitas pengajar dapat menggunakan metode Fuzzy Mamdani dengan tingkat
akurasi system sebesar 60%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

Farida, L. E., & Candra, H. K. (2016). ANALISA SISTEM PENILAIAN TINGKAT KUALITAS PENGAJAR MENGGUNAKANLOGIKA FUZZY MAMDANI (STUDI KASUS PADA POLIBAN). INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 13(3). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/239

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama