REVIEW DESAIN PERKERASAN JALAN RAYA III KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v5i1.816Keywords:
Analisa Komponen, Umur Rencana, Tebal PerkerasanAbstract
Jalan merupakan prasarana darat yang berpengaruh besar terhadap perkembangan suatu wilayah. Jalan Ray III berada di Kabupaten Pulang Pisau lokasi dalam kota, ibu kota Kabupaten. Jalan tersebut merupakan jalan alternatif dari Provinsi Kalimantan Tengah menuju Provinsi Kalimantan Selatan juga sebaliknya. Peningkatan jalan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan dalam rangka mengakomodasi pertumbuhan arus lalu lintas.
Kondisi tanah dasar pada ruas Jalan Ray III adalah tanah lunak, sehingga dalam desain tanah dasar dengan dilakukan pengurukan timbunan. Metode perencanaan perkerasan yang digunakan adalah Analisa Komponen SKBI 2.3.26.1987. Objek studi yaitu Jalan Ray III terletak di Kabupaten Pulang Pisau pada STA 0 + 000 s/d STA 0 + 200.
Hasil dari Evaluasi Desain Perkerasan Jalan dengan umur rencana 5 tahun diperoleh LER adalah 26,3 Laston (MS. 590) adalah 7,5 cm (tebal minimal 7,5 cm karena merupakan jalan kabupaten), Batu pecah kelas A (CBR 100) adalah 10 cm dan Batu pecah kelas B (CBR 80) adalah 10 cm (Syarat tebal minimum LPB). Untuk umur rencanaa 10 tahun diperoleh LER adalah 76,9 Laston (MS.590) adalah 7,5 cm (tebal minimal 7,5 cm karena merupakan jalan kabupaten). Batu pecah kelas A (CBR 100) adalah 10 cm, Batu pecah kelas B (CBR 80) adalah 14,4 cm
Downloads
References
Departemen Perkerjaan umum 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasaan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen SKBI – 2.3.26.1967
Sukirman, Silvia. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Penerbit Nova, Bandung.
Muksalmina. 2019. Jenis – jenis Perkerasan jalan. Diambil dari : https://sicek.blogspot.com/2013/09/jenis-jenis-perkerasan-jalan.html
Ahadi. 2011. Jenis dan Fungsi Lapisan Perkerasan Jalan Raya. Diambil dari: https://www.ilmusipil.com/jenis-dan-fungsi-lapisan-perkerasan-jalan-raya.com
Raka Cevi. 2009. Gambut Tuk Rekayasa Jalan Tanah. Diambil dari : https://www.academia.edu/20197899/GAMBUT_TUK_REKAYASA_JALAN_TANAH_LUNAK¬-
Sugeng Mas. 2016. Pengertian Metode Komperatif dan Deskriptif. Diambil dari http://ayo-nambah-ilmu.Blogspot.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 khamidi ilhami, Hadi Gunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.