Metode Stabilisasi Semen Terhadap Peningkatan Nilai CBR Tanah Dasar Jalan Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v3i1.605Keywords:
stabilisasi tanah dasar, CBR laboratorium, Daya dukung tanah, tanah lempung lunak, jalan lingkunganAbstract
Dalam makalah ini mendiskusikan mengenai pengembangan fasilitas infrastruktur umum di Komplek Bumi Mas Lestari Perdagangan Banjarmasin yaitu Pembangunan Jalan lingkungan yang secara khusus meninjau bagian tanah dasar dan ketebalan timbunan sirtu. Perhitungan daya dukung tanah dasar mengacu kepada input nilai CBR metode SNI yaitu index dan engineering properties, uji kepadatan tanah standar proctor di laboratorium dan uji CBR Laboratorium. Studi penelitian terhadap tanah dasar yang dibandingkan adalah tanpa dan dengan penggunaan penambahan semen 9% terhadap tanah asli lanau lunak berlempung plastisitas rendah, hasil yang dapat mewakili untuk perbandingan nilai kelayakan subgrade adalah pemenuhan terhadap ketentuan nilai CBR subgrade pada Spesifikasi Umum Bina Marga sebesar minimum 6% pada pelaksanaan timbunan jalan, karena antara nilai CBR tanah dasar asli yang dihasilkan 4% dan setelah distabilisasi menggunakan semen menghasilkan peningkatan 9,8%, tanah dasar telah memenuhi persyaratan dan dapat digunakan menjadi bagian dari konstruksi perkerasan jalan diatasnya sebagai penopang.
Abstract
This paper discuss infrastucture development of road transportation in Bumi Mas Lestari Housing Compex Construction mainly Road access facility construction mainly for subgrade and embankment of thickness materials. The calculation of theoretical bearing capacity of subgrade based on Standar Nasional Indonesia (SNI), including Proctor Standard and CBR test laboratory.research focus on cement mixing between natural condition of subgrade using 9% cement ratio in silty clayey low plasticity type of soil sample. Conduct Bina Marga Specification of Road Construction, minimum CBR Design is 6% was allowed with 9,8% CBR Design after mixing cement as stabilitation of 4% CBR design before.
Downloads
References
Hardiyatmo, H. C. 2012. Stabilisasi Tanah. Gadjah Mada UniversityPress. Yoyakarta.
Tjok Gde Suwarsa Putra dkk.2013. Karakteristik Tanah Lempung Yang Dicampur Semen Sebagai Bahan Subgrade Jalan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Januari 2013.
Bravo Pandiangan, dkk.2016. Pengaruh Variasi Waktu Pemeraman Terhadap Daya Dukung Tanah Lempung dan Lanau Yang Distabilisasi Menggunakan Semen Pada Kondisi Tanpa Rendaman (unsoaked). JRSDD, Juni 2016.
Bowles, J.E.1991. Sifat – Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Das, Braja M.1994. Mekanika Tanah (Prinsip – Prinsip Rekayasa Geoteknik) Jilid II. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Spesifikasi Umum 2010 divisi 3 Pekerjaan Tanah. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.