ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP LAYANAN COMMUTER LINE (RUTE DEPOK – JAKARTA KOTA)

Authors

  • Ajeng Widyaningrum Rahmadhani Universitas Mercu Buana
  • Reni Karno Kinasih Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v8i1.2385

Keywords:

Stasiun Depok Baru, Standar Pelayanan Minimum, Importance Performamce Anaysis (IPA), Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Abstract

Stasiun Depok Baru merupakan stasiun kereta api kelas I yang berada di Jalan Stasiun Depok Baru, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna, menganalisis faktor-faktor layanan yang menjadi prioritas perbaikan dan mengetahui apakah layanan yang diberikan telah sesuai dengan kriteria standar pelayanan minimum. Metode yang digunakan pada penelitian ini melalui penyebaran kuesioner serta survey langsung di lapangan dan pengolahan data menggunakan metode Importance Performamce Anaysis (IPA) berbasis Service Quality (SERVQUAL) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat untuk kinerja layanan yang dirasakan pengguna sudah sangat baik dengan nilai interval mencapai 4.245 namun 14,49% faktor layanan masih belum memenuhi kriteria standar pelayanan minimum.  Faktor layanan yang diprioritaskan perbaikan terlihat pada kuadran I diagram kartesius IPA dengan persentase hingga 22.22%. Salah satu faktor layanan yang ada pada kuadran I adalah ketersediaan serta kelayakan toilet, kesesuaian jadwal, dan jaminan keamanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksara, P. B. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Pusat Statistik Kota Depok. (2022, November 24). Badan Pusat Statistik Kota Depok. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Depok Web site: https://depokkota.bps.go.id/statictable/2022/08/03/101/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-depok-2021.html

Chang, J.-J. &.-L. (2022, June 13). Establishing Urban Revitalization and Regional Development Strategies with Consideration of Urban Stakeholders Based on the ISA-NRM Approach.

Ciptono, F. (2001). Manajemen jasa.

Fauziawati, R., Rifai, A. I., & Handayani, S. (2022). Passengers Satisfaction Analysis of Quality and Schedule of Commuter Line Service: A Case Citayam-Tebet Route. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia.

Landunau, W. T. (2019). PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI . Jurnal Teknik Sipil: Vol. VIII (Issue 2).

Landunau, W. T. (2019). Pemilihan Moda Transportasi Kupang-Soe Menggunakan Metode Stated Preference. Jurnal Teknik Sipil, 205-214.

Mogaji, E., & Erkan, I. (2019). Insight into consumer experience on UK train transportation services. Travel Behaviour and Society, 14, 21-33.

Mulyanto. (2007). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA. STIE AUB .

Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. Parepare: CV. Pilar Nusantara.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.

PT. Kereta Commuter Indonesia . (2023, Desember 11). KAI Commuter. Retrieved from KAI Commuter: https://commuterline.id/informasi-publik/berita/446-981-ribu-orang-lebih-gunakan-commuterline-pada-awal-maret-2023

Rahmadhani, A. W., Rifai, A. I., & Handayani, S. (2022). The Perception of Travel Behavior on Public Transport Mode Choice: A Case of Depok-Jakarta Route. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia .

Rohaeni, H. &. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2.

Saidah, D. (2017). KUALITAS PELAYANAN COMMUTER LINE SERVICE QUALITY OF COMMUTER LINE. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG)

Published

2024-06-30