ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP LAYANAN COMMUTER LINE (RUTE DEPOK – JAKARTA KOTA)
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v8i1.2385Keywords:
Stasiun Depok Baru, Standar Pelayanan Minimum, Importance Performamce Anaysis (IPA), Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)Abstract
Stasiun Depok Baru merupakan stasiun kereta api kelas I yang berada di Jalan Stasiun Depok Baru, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna, menganalisis faktor-faktor layanan yang menjadi prioritas perbaikan dan mengetahui apakah layanan yang diberikan telah sesuai dengan kriteria standar pelayanan minimum. Metode yang digunakan pada penelitian ini melalui penyebaran kuesioner serta survey langsung di lapangan dan pengolahan data menggunakan metode Importance Performamce Anaysis (IPA) berbasis Service Quality (SERVQUAL) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat untuk kinerja layanan yang dirasakan pengguna sudah sangat baik dengan nilai interval mencapai 4.245 namun 14,49% faktor layanan masih belum memenuhi kriteria standar pelayanan minimum. Faktor layanan yang diprioritaskan perbaikan terlihat pada kuadran I diagram kartesius IPA dengan persentase hingga 22.22%. Salah satu faktor layanan yang ada pada kuadran I adalah ketersediaan serta kelayakan toilet, kesesuaian jadwal, dan jaminan keamanan
Downloads
References
Aksara, P. B. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik Kota Depok. (2022, November 24). Badan Pusat Statistik Kota Depok. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Depok Web site: https://depokkota.bps.go.id/statictable/2022/08/03/101/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-depok-2021.html
Chang, J.-J. &.-L. (2022, June 13). Establishing Urban Revitalization and Regional Development Strategies with Consideration of Urban Stakeholders Based on the ISA-NRM Approach.
Ciptono, F. (2001). Manajemen jasa.
Fauziawati, R., Rifai, A. I., & Handayani, S. (2022). Passengers Satisfaction Analysis of Quality and Schedule of Commuter Line Service: A Case Citayam-Tebet Route. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia.
Landunau, W. T. (2019). PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI . Jurnal Teknik Sipil: Vol. VIII (Issue 2).
Landunau, W. T. (2019). Pemilihan Moda Transportasi Kupang-Soe Menggunakan Metode Stated Preference. Jurnal Teknik Sipil, 205-214.
Mogaji, E., & Erkan, I. (2019). Insight into consumer experience on UK train transportation services. Travel Behaviour and Society, 14, 21-33.
Mulyanto. (2007). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA. STIE AUB .
Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. Parepare: CV. Pilar Nusantara.
Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.
PT. Kereta Commuter Indonesia . (2023, Desember 11). KAI Commuter. Retrieved from KAI Commuter: https://commuterline.id/informasi-publik/berita/446-981-ribu-orang-lebih-gunakan-commuterline-pada-awal-maret-2023
Rahmadhani, A. W., Rifai, A. I., & Handayani, S. (2022). The Perception of Travel Behavior on Public Transport Mode Choice: A Case of Depok-Jakarta Route. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia .
Rohaeni, H. &. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2.
Saidah, D. (2017). KUALITAS PELAYANAN COMMUTER LINE SERVICE QUALITY OF COMMUTER LINE. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ajeng Widyaningrum Rahmadhani, Reni Karno Kinasih, S.T., M.T.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.