KINERJA U-TURN DI RUAS JALAN GEORGE OBOS - SISINGAMANGARAJA KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Cahyo Hadi Panoto Universitas Palangka Raya
  • Ina Elvina Universitas Palangkaraya
  • Murniati Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i1.1848

Keywords:

u-turn, tingkat pelayanan jalan, kinerja u-turn, mkji

Abstract

Putaran balik (U-turn) adalah fasilitas jalan untuk kendaraan yang ingin mengubah arah perjalanannya. Akan tetapi, pergerakan memutar arah kendaraan pada U-turn akan menyebabkan kecepatan kendaraan yang searah menjadi rendah sehingga dapat menimbulkan kepadatan di ruas jalan.Lahan di sekitar lokasi ini dipergunakan sebagai area komersial seperti rumah makan, kafe, dan pedagang kaki lima yang berpotensi mengakibatkan kepadatan lalu lintas.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja U-Turn serta tingkat pelayanan jalan di lokasi penelitian. Dengan demikian, perlu dilakukan analisis pelayanan jalan dan kinerja U-Turn di lokasi ini meliputi pengukuran geometri jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, dan waktu tempuh kendaraan yang melakukan U-Turn menggunakan metode MKJI 1997. Dari analisis data, dapat disimpulkan untuk waktu tempuh rata-rata kendaraan terbesar saat melakukan U-Turn adalah 27,19 detik, dengan kecepatan kendaraan sebesar 6,62 km/jam dan panjang antrian kendaraan sepanjang 26 meter. Selain itu, didapatkan pula nilai volume lalu lintas sebesar 1622,4 smp/jam, nilai kapasitas 5821,2 smp/jam, nilai tundaan kendaraan sebesar 2,84 det/smp serta nilai derajat kejenuhan 0,56. Dari hasil tersebut, tingkat pelayanan jalan dapat dikategorikan ke kelas C di mana arus stabil tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriko, R. (2020). Pengaruh U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Kasus: U-Turn di Jalan Jendral Ahmad Yani, Palembang). 373-380.

Anggraeni, D. (2017). Pengaruh U – Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu – Lintas Ruas Jalan Abepura Kota Jayapura. Volume 6 No. 1 Juni 2017, 1-14

Fedriani, H. (2022). Pengaruh Putar Balik Arah Terhadap Kinerja Lalu Lintas. Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung, 83-84.

Jaridieni, I. (2014). Analisa Perilaku Berkendara Pada Titik U-turn Di Kota Palangka Raya (Studi Kasus Jalan Tjilik Riwut - Jalan Yos Sudarso - Jalan Akhmad Yani). FSTPT INternational Symposium, Jember University, 500-509.

Mardinata, L. A. (2014). Pengaruh U – Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu – Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata Kota Samarinda.

Wiranto, R. (2019). Pengaruh U-Turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Tengku Amir Hamzah Kota Medan.

Published

2023-06-29