ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN PADA JALAN TRANS KALIMANTAN KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i2.1811Keywords:
Kecelakaan Lalu Lintas, Tingkat Kecelakaan, Tingkat KematianAbstract
Berdasarkan Profil Jalan Nasional Semester II Tahun 2019, Jalan Trans Kalimantan adalah Jalan Nasional. Hal ini menjadikan Jalan Trans Kalimantan penting sebagai jalur penghubung antar provinsi, dengan meningkatnya lalu lintas kendaraan tersebut, maka risiko kecelakaan lalu lintas juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat serta faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di lokasi tersebut, sehingga tingkat kecelakaan lalu lintas dan faktor penyebab perlu dianalisis dengan melingkupi data ruas jalan, data jumlah penduduk, data lalu lintas harian rata-rata per tahun, data kejadian dan data korban kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan metode Accident Rate (per 100.000 penduduk) dan metode Seratus Juta Perjalanan Kendaraan Per-Kilometer (100JPKP). Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikonklusikan berdasarkan metode per 100.000 penduduk, tingkat kecelakaan tertinggi yaitu pada tahun 2021 dengan sebesar 44,98 per 100.000 orang dan tingkat kecelakaan tertinggi berdasarkan Seratus Juta Perjalanan Kendaraan Per-Kilometer (100JPKP) yaitu pada tahun 2021 sebesar 49,06 per 100JPKP. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas terbesar di Jalan Trans Kalimantan adalah keluar jalur sebesar 16,67%. Penanganannya adalah melakukan pemberian marka jalan, pemasangan patok pengarah pada sisi jalan, pemasangan delineator yang memantulkan cahaya dan pembatas lalu lintas.
Downloads
References
Aditriansyah, H., 2018. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Batu Ampar Kota Batam Dengan Metode Accident Rate (Analysis of Traffic Accidents At Batu Ampar, Batam With Accident Rate Method). Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret 2012 (1): 41–49.
Admin86, 2021. 86News.co. [Online]
Ramadhana, C. D., 2021. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Bandung. Institut Teknologi Nasional.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2012. Panduan Teknis I Rekayasa Keselamatan Jalan. Direktorat Jenderal Bina Marga: 1–139.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2019. Profil Jalan Nasional Semester II 2019 Provinsi Kalimantan Tengah. : 6.
Hobbs, F. D., 1995. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas. Ed.2, cet. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kecamatan Sabangau. 2020. Profil Kecamatan Sabangau 2020. Palangka Raya: Pemerintah Kota Palangka Raya.
Muto’in, N. F. and Utami, A., 2022. Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Accident Rate Dan Equivalent Accident Number (EAN) Di Kota Magelang. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand) 18(1): 60.
Sari, C. A. N. and Afriandini, B., 2021. Analisa Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Guna Meningkatkan Keselamatan Jalan Di Kota Yogyakarta. CIVeng: Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan 2(1).
Pignataro, L. J. and Cantilli, E. J., 1973. Traffic Engineering: Theory and Practice. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.
Pusat Litbang Prasarana Transportasi. 2004. Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. : 54. http://www.pu.go.id/uploads/services/infopublik20120704151813.pdf.
Amida, Y. R. P., Perdana, M. G. and Surya, A., 2022. Analisis Kecelakaan LaluLintas Pada Ruas Jalan Trans Kalimantan Dengan Metode Accident Rate. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.
Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Indonesia. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_22.pdf.
Setiyaningsih, I., 2020. Penentuan Blacksite Dan Blackspot Pada Ruas Jalan Jogja-Solo Dengan Metode Batas Kontrol Atas (BKA) Dan Metode Upper Control Limit (UCL). Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil 2020: 115–22. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/12138.
Tambunan, P., 2022. borneonews.co.id. [Online]
Available at: https://www.borneonews.co.id/berita/253010-kecelakaan-maut-di-palangka-raya-akibatkan-anak-5-tahun-tewas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emeline Tamariska, Murniati, Salonten
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.