UJI MODEL FISIK GERUSAN AKIBAT PENGARUH WAKTU, KECEPATAN DAN TINGGI MUKA AIR DI HILIR SEKAT KANAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i2.1787

Keywords:

sekat kanal, gerusan, gambut, uji model fisik

Abstract

Bencana kebakaran hutan dan lahan gambut tropis sering diakibatkan karena lahan gambut tropis menjadi kering akibat perubahan kondisi tata air. Sehingga perlu dilakukan pembasahan lahan gambut dengan membuat sekat kanal yang bertujuan untuk menjaga kondisi tata air lahan gambut. Tujuan penelitian ini adalah melakukan uji model fisik sekat kanal, untuk mengetahui stabilitas sekat kanal terhadap gerusan, yang terjadi akibat kecepatan aliran air yang melewati bangunan sekat kanal untuk waktu tertentu, dengan memvariasikan tinggi muka air pada bagian hilir sekat kanal, dan muka air di hulu sekat dalam kondisi tetap. Pada penelitian ini, dilakukan dengan 2 skema pengujian pada model fisik sekat kanal dari beton. Pada skema 1, tinggi muka air di hulu sekat kanal (H1) = 22 cm dan tinggi muka air di hilir sekat kanal (h1) = 10,2 cm, untuk variasi kecepatan aliran (v1) = 0,01 m/dt, (v2) = 0,02 m/dt, serta untuk variasi waktu (t1) = 3 jam, (t2) = 6 jam. Pada skema 2, (H1), (h), (v1), (v2), (t1), (t2), nilainya sama pada parameter skema 1, yang berbeda hanya tinggi muka air pada bagian hilir sekat kanal (h2) = 22 cm. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah kedalaman gerusan yang terjadi di bagian hilir sekat kanal dari beton, sangat dipengaruhi oleh tinggi muka air di hilir, kecepatan aliran air dan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, F. and Subiksa, I.G.M., 2008. Lahan Gambut: Potensi untuk pertanian dan aspek lingkungan. Balai Penelitian Tanah dan World Agroforestry Centre (ICRAF), Bogor, Indonesia, pp.3–8.

Alphama, J., Rianawati, F. and Rezekiah, A.A., 2020. Peran Serta Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Lahan Gambut Di Jalan Sukamaju Kelurahan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru. Jurnal Sylva Scienteae, 2(5), pp.865–874.

Breusers, H.N.C. and Raudkivi, A.J., 1991. Scouring. Balkema Rotterdam.

Dohong, A., Cassiophea, L., Sutikno, S., Triadi, B.L., Wirada, F., Rengganis, P. and Sigalingging, L., 2017. Modul Pelatihan Pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut Sekat Kanal Berbasis Masyarakat. Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia.

Ervina., Yupi, H.M. and Nindito, D.A., 2023. Uji Model Fisik Stabilitas Bangunan Sekat Kanal Bentang 5 Meter dengan Material Konstruksi Terbuat dari Kayu. Basement: Jurnal Teknik Sipil, 1(1), pp.74–82.

Hanafi, I., Yupi, H.M. and Kamiana, I.M., 2023. Pengaruh Kecepatan Aliran Terhadap Gerusan pada Sekat Kanal dengan Saluran 5 Meter. Basement: Jurnal Teknik Sipil, 1(1), pp.50–57.

Kumalawati, R., 2020. Modul Pelatihan Pembangunan Infrastruktur Pembahasan Gambut Sumur Bor Berbasis Masyarakat.

Margaretha, N.Y., Kamiana, I.M. and Nindito, D.A., 2020. Studi Analisis Dimensi Dan Stabilitas Tubuh Bendungan Urugan Beringin Sila. Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Keteknikan, 4(1), pp.81–89.

Nindito, D.A., 2009. Pengaruh Profil Distribusi Kecepatan Terhadap Hasil Perhitungan Kecepatan Gesek pada Aliran Bersedimen di Lokasi Pengukuran Arah Transversal Saluran Tampang Segiempat. Jurnal PROTEKSI (Program Studi Teknik Sipil), 1, pp.8–15.

Nindito, D.A., Istiarto, I. and Kironoto, B.A., 2008. Simulasi Numeris Tiga Dimensi Kantong Lumpur Bendung Sapon. In: Civil Engineering Forum Teknik Sipil. pp.712–724.

Nyagin, R.A., Yupi, H.M. and Nindito, D.A., 2023. Pengaruh Tekanan Hidrostatis Terhadap Debit Rembesan Sekat Kanal Berkonstruksi Beton pada Lahan Gambut. Basement: Jurnal Teknik Sipil, 1(1), pp.58–66.

Suriadikarta, D.A. and Sutriadi, M.T., 2007. Jenis-jenis lahan berpotensi untuk pengembangan pertanian di lahan rawa. Jurnal Litbang Pertanian, 26(3), pp.115–122.

Suryadiputra, I.N.N., Dohong, A., Roh, S.B.W., Muslihat, L., Lubis, I.R., Hasudungan, F. and Wibisono., I.T.C., 2005. Panduan penyekatan parit dan saluran di lahan gambut bersama masyarakat.

Triadmodjo, B., 1993. Hidraulika II. Yogyakarta: Beta Offset.

Utami, A.M.H., Yupi, H.M. and Nindito, D.A., 2022. Uji Eksperimental Pengaruh Kecepatan Aliran dan Tinggi Muka Air terhadap Stabilitas Model Fisik Sekat Kanal yang terbuat dari Material Beton. Buletin Profesi Insinyur, 5(2), pp.89–94.

Published

2024-01-07