KLASIFIKASI MASSA BATUAN PADA TEROWONGAN PENGELAK BENDUNGAN JRAGUNG DENGAN METODE RMR DAN Q-SYSTEM

Authors

  • Angga Setiawan Pamungkas Universitas Semarang
  • Eka Bogi Anisa Universitas Semarang
  • Kusrin Kusrin Universitas Semarang
  • Hendra Masvika Universitas Semarang
  • Andie Julian Arfa PT. Rayaconsult

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i2.1784

Keywords:

Bendungan, Terowongan, Massa Batuan, Rock Mass Rating, Rock Mass Quality

Abstract

Bendungan adalah bangunan yang terdiri dari urugan tanah atau batuan. Bangunan ini berfungsi untuk menahan laju air dari waduk atau danau, sebagai pembangkit listrik serta tempat rekreasi masyarakat. Bendungan Jragung terletak di desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Dalam pembangunan bendungan ini diperlukan suatu bangunan pengelak yang berfungsi untuk mengelakan air sungai pada saat mengerjakan konstruksi bendungan utama. Pada pelaksanaan terowongan pengelak membutuhkan analisis klasifikasi batuan serta litologi batuan di lapangan dengan menggunakan metode Rock Mass Rating (RMR) dari Bieniawski 1989 untuk mengetahui kondisi litologi batuan beserta klasifikasinya. Selain itu digunakan metode Rock Mass Quality (Q)-System sebagai pembanding. Berdasarkan hasil analisis yang membandingkan dua metode menghasilkan batuan yang memiliki klasifikasi massa batuan fair rock yang termasuk dalam kategori III dengan nilai RMR antara 41- 60 dengan stand up time ± 24 jam sampai dengan ± 28 jam dan good rock yang termasuk dalam kategori II dengan nilai RMR 60-80 dengan rekomendasi pemasangan steel ribs dengan jarak 1,5 m pada metode RMR. Sedangkan pada metode Q-System menghasilkan klasifikasi massa batuan fair rock dengan panjang rockbolt pada penyangga terowongan 3 m serta ketebalan shotcrete 40-100 m tanpa tulangan dengan jarak rockbolt yaitu 2 m-2,3 m.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Angga Setiawan Pamungkas, Universitas Semarang

Civil Engineering

Eka Bogi Anisa, Universitas Semarang

Civil Engineering

Kusrin Kusrin, Universitas Semarang

Civil Engineering

Hendra Masvika, Universitas Semarang

Civil Engineering

Andie Julian Arfa, PT. Rayaconsult

Ahli Geologi

References

Agustawijaya, D. S., 2019. Geologi Teknik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Alfathoni, F., Komar, S. & Suwardi, F. R., 2017. EVALUASI TEKNIS SISTEM PENYANGGAAN MENGGUNAKAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) SYSTEM PADA DEVELOPMENT AREA (CKN_DC) TAMBANG EMAS BAWAH TANAH PT. CIBALIUNG SUMBERDAYA. Jurnal Pertambangan, 1(2), pp. 1-10.

Asupyani, H., Zakaria, Z., Sophian, R. I. & Pratama, R., 2020. ANALISIS KEKUATAN MASA BATUAN PADA TUNNEL GUDANG HANDAK BERDASARKAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) BIENIAWSKI 1989 PT ANEKA TAMBANG UBPE PONGKOR. Padjajaran Geoscience Journal, 4(4), pp. 365-375.

Barton, N. R., 1978. Suggested Methods for Quantitative Description of Discontinuities in Rock Masses: International Society for Rock Mechanics. Int. J. Rock mech. Min. Sci. & Geomech. Abstr., 15(6), pp. 319-368.

Barton, N. R. & Grimstad, E., 2014. Tunnel and cavern support selection in Norway, based on rock mass classification with the Q-system, Oslo: Norwegian Tunnelling Society, NFF, Publ. 23-39.

Barton, N. R., Lien, R. & Lunde, J., 1974. Engineering Classification of Rock Masses for the Design of Tunnel Support. Rock Mechanics, Volume 6, pp. 189-236.

Bieniawski, Z. T., 1989. Engineering Rock Mass Classifications: A Complete Manual for Engineers and Geologists in Mining, Civil, and Petroleum Engineering. Toronto, Canada: John Wiley & Sons.

Gundewar, C. S., 2014. Application of Rock Mechanics in Surface and Underground Mining. Naghpur, Maharashtra: Goverment of India Ministry of Mines, Indian Bureau of Mines.

Hack, R., 2006. Discontinuous Rock Mechanics. Enschede, The Netherland: ITC.

Koesnaryo, S., Vera, T. V., Arindry, A. P. P. & Cholid, M., 2022. TINJAUAN ASPEK KEREKAYASAAN PADA RANCANGAN TEROWONGAN UNTUK SIPIL DAN TAMBANG. Jurnal Teknologi Pertambangan, 8(1), pp. 190-197.

Lowson, A. R. & Bieniawski, Z. T., 2013. Critical Assessment of RMR based Tunnel Design Practices: a Practical Engineer’s Approach. Washington DC, USA, Proceedings of the SME, pp. 1-16.

Nengsih, N. & Koppa, R., 2021. Analisa Kestabilan Lubang Bukaan Ditambang Bawah Tanah Berdasarkan Pengklasifikasikan Geomekanika (RMR-System) Pada Penambangan Galena Di PT. Berkat Bhinneka Perkasa (BBP) Pangkalan Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jurnal Bina Tambang, 6(3), pp. 159-165.

Prengki, I. & Heriyadi, B., 2018. Analisis Beban Runtuh dan Evaluasi Lubang Bukaan berdasarkan Metode Rock Mass Rating dan Q-System pada Tambang Bawah Tanah CV. Bara Mitra Kencana, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Jurnal Bina Tambang, 3(4), pp. 1729-1739.

Rahardjo, P. P., 2006. Teknik Terowongan. Jakarta: Geotechnical Engineering Center.

Rehman, H. et al., 2018. Review of Rock-Mass Rating and Tunneling Quality Index Systems for Tunnel Design: Development, Refinement, Application and Limitation. Applied Sciences, 8(8), pp. 1-27.

Singh, B. & Goel, R. K., 1999. ROCK MASS CLASSIFICATION, A Practical Approach in Civil Engineering. Oxford: Elsevier.

Tumanggor, A. P., Tambun, B. & Halawa, A., 2022. KAJIAN TEKNIK ROCK MASS RATING DAN Q SYSTEM PADA TEROWONGAN BATU LUBANG I DESA SIMANINGGIR KABUPATEN TAPANULI TENGAH PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, 18(1), pp. 1-9.

Wally, J., Riza, M. & Setiyarto, Y. D., 2020. Pemodelan Terowongan Pada Batuan Dengan Metode Finite Element : Studi Kasus Terowongan Diversion Tunnel Rencana Bendungan Jambu Aye, Nangro Aceh Darusalam. CRANE: Civil Engineering Research Journal, 1(1), pp. 14-25.

Yogaswara, D., 2019. ANALISIS TEROWONGAN JALAN RAYA DENGAN PROTEKSI UMBRELLA GROUTING MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA 2D KASUS STUDI TOL CISUMDAWU. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, 11(2), pp. 137-147.

Published

2024-01-07