ANALISA BATUAN ANDESIT SEBAGAI PONDASI GEOLOGI BENDUNGAN TAPIN

Authors

  • M. Amril asy'ari Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sofwan Hadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Selo Bhuwono Kahar Balai Wilayah Sungai Kalimantan III
  • Amir Rahman Radiani Balai Wilayah Sungai Kalimantan III
  • Maharto Kristyiono Balai Wilayah Sungai Kalimantan III
  • Rachmat Hidayatullah Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i1.1757

Keywords:

Bendungan, Geologi, Bantuan Andesit

Abstract

Kabupaten Tapin dengan ibukotanya Rantau merupakan salah satu wilayah kabupaten di Propinsi Kalimantan Selatan yang lahan pertaniannya tergolong cukup potensial. Oleh karena itu guna menjamin tersedianya air untuk berbagai keperluan tersebut, terutama dalam mengatasi masalah rawan ketersediaan air dan sebagai faktor pendukung pertumbuhan ekonomi wilayah Kabupaten Tapin, maka disusun rencana pengembangan dan pemanfaatan sungai Tapin dengan membangun Bendungan. Peranan geologi dalam pembangunan waduk/bendungan sangatlah dibutuhkan, terutama dalam membantu pembangunan fisik bangunan. Peranan geologi dijalankan dengan melakukan pemetaan batuan pada daerah – daerah bendungan. Dari hasil pemetaan, dapat diberikan saran untuk kelancaran pekerjaan bangunan bendungan. Maksud dari penyelidikan geologi adalah untuk mengetahui aspek-aspek litologi (susunan) batuan, sifat fisik dan teknis dari tanah dan batuan pondasi bendungan yang akan dipergunakan untuk perencanaan teknis bendungan. Penyelidikan geologi yang telah dilakukan dengan metode pengamatan langsung dilapangan meliputi pengamatan kondisi tanah dan batuan pada bagian permukaan dan pengamatan kondisi batuan bagian bawah permukaan dengan mengamati batuan dari hasil pemboran coring batuan, kemudian dilakukan analisa uji kuat tekan batuan. Dari hasil uji kuat tekan batuan kemudian dimasukkan kedalam parameter Rock Mass Rating dan dilanjutkan ke analisa Kelas massa batuan menurut bobot total.  Berdasarkan hasil analisa kondisi batuan pada area Bendungan Tapin masuk kategori Batu Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bieniawski, Z. T. 1976 Rock Mass Classification in Rock Engineering. Exploration for Rock Engineering, Proc. of the Symp. (Edited by Bieniawski, Z. T.), Vol. 1, page. 97-106. Balkema, Cape Town.

Bieniawski, Z. T ., 1989, Engineering Rock Mass Classification : A Complete Manual for Engineers and Geologist in Mining, Civil, and Petroleum Engineering. New York, Willey, xii, 251 p

D. U. Deere and R. P. Miller, “Engineering Classification and Index Properties for Intact Rock,” Technical Report No. AFNL-TR-65-116, Air Force Weapon Laboratory, New Mexico, 1966.

Published

2023-06-29