PERHITUNGAN DAYA DUKUNG FONDASI TANGKI PANEL 16M3 DI STO ULIN A.YANI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Muhammad Firdaus
  • Luki Wicaksono Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ruspiansyah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rinda Meilatul Janah PT Geoteknik Tanah Fondasi

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i1.1515

Keywords:

Daya Dukung Tiang, sondir, tangki panel, tiang pancang kayu galam

Abstract

Kuat dan aman merupakan syarat mutlak berdirinya suatu konstruksi, semua kontruksi yang direncanakan akan ditopang oleh tanah. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui sebrapa besar daya dukung tiang pancang tunggal dan kelompok yang bekerja pada fondasi Tangki Panel 16 m3. Perhitungan untuk daya dukung fondasi tiang pancang kayu galam menggunakan data Sondir dengan 2 metode yaitu metode deRuiter & Beringen dan Metode Schmertmann dan Nottingham (1975) dan untuk menghitung beban yang bekerja pada bangunan menggunakan perhitungan manual. Berdasarkan hasil perhitungan bebean struktur atas yang bekerja sebesar 21,0325 ton, dapat disimpulkan menggunakan metode Schmertmann-Nottingham fondasi aman terhadap beban yang bekerja dikarenakan Qgroup lebih besar dari beban yang bekerja, sedangkan dari hasil perhitungan menggunakan metode deRuiter & Beringen fondasi tidak aman terhadap beban yang bekerja dikarenakan Qgrup lebih kecil dari beban yang bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnes Permata Sari, 2019. Perhitungan Daya Dukung Fondasi Dosen UIN Antasari Banjarmasin. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Sipil. Politeknik Banjarmasin.

Arianti, Yunita. 2020. “Gedung Kos Executive Jl. Veteran Banjarmasin.” Tugas Akhir, Politeknik Negeri Banjarmasin.

Bowles, J. E., 1992. Analisa dan Desain Fondasi 1, Edisi Keempat Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Bowles, J. E., 1992. Analisa dan Desain Fondasi 2, Edisi Keempat Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Rahardjo, Paulus.P.,Ir., 1992 Uji Sondir Interpretasi dan Aplikasinya Untuk Perencanaan Fondasi, MAkalah Shortcourse In-Situ, Jakarta.

Syarkani, Muhammad. 2021. “Perhitungan Pembebanan dan Gaya-gaya Serta Daya Dukung Fondasi Tiang Kayu Galam Pada Struktur Bangunan Ruko 2 Lantai di Daerah Trisakti Kota Banjarmasin.” Tugas Akhir, Politeknik Negeri Banjarmasin.

Published

2023-06-29