ANALISIS KINERJA JALAN BOURAQ KOTA TANGERANG AKIBAT PENERAPAN SISTEM SATU ARAH (SSA)
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i1.1500Keywords:
OWS, Vehicle Volume, Traffic Management, Road Capacity, Road PerformanceAbstract
Kota Tangerang sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara tidak luput dari masalah kemacetan. Salah satu langkah yang dilakukan dalam mengatasi kemacetan adalah dengan menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) pada Jalan Bouraq dan Jalan Daan Mogot. Namun penerapan SSA mengakibatkan perubahan pola pergerakan yang ada sehingga mempengaruhi kinerja jalan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja Jalan Bouraq sebelum dan sesudah penerapan SSA, meramalkan kinerja jalan 5 tahun mendatang serta mengetahui kinerja pada skenario pelebaran jalan. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu PKJI 2014. Hasil dari penelitian diketahui penerapan SSA menyebabkan penurunan kinerja pada Jalan Bouraq. Awalnya derajat kejenuhan didapatkan sebesar 0,61 namun setelah SSA diterapkan meningkat menjadi 1,397. Terjadi penurunan kecepatan dimana sebelum penerapan SSA didapat sebesar 24,2 km/jam kemudian menurun menjadi 7,48 km/jam. Hal tersebut mempengaruhi waktu tempuh dimana sebelumnya Jalan Bouraq dapat ditempuh dalam 0,107 jam namun meningkat menjadi 0,347 jam. Berdasarkan analisis diperkirakan volume lalu lintas dalam 5 tahun mendatang mencapai 4.459 skr/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 1,54. Untuk mengakomodasi volume lalu lintas 5 tahun mendatang, skenario pelebaran jalan Bouraq hingga 12 m dapat meningkatkan kapasitas sebesar 5.708 skr/jam dan menghasilkan derajat kejenuhan sebesar 0,71.
Downloads
References
Arifiyanata, R.D. (2015) STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA UNTUK MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA KOTA SURABAYA. Surabaya. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/11930 (Accessed: 12 April 2022).
Dananjaya, D. (2022) Jalan Daan Mogot Berlakukan Uji Coba Sistem Satu Arah, Catat Waktunya, KOMPAS.com. Available at: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/21/142100515/jalan-daan-mogot-berlakukan-uji-coba-sistem-satu-arah-catat-waktunya (Accessed: 18 March 2022).
Dinas Perhubungan Kota Tangerang (2021) LKIP DINAS PERHUBUNGAN KOTA TANGERANG TAHUN 2021. Kota Tangerang.
Elianora, Saut, H. and Safira, C. (2021) ‘ANALISIS PENGARUH DERAJAT KEJENUHAN DAN KECEPATAN KENDARAAN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN ARIFIN AHMAD PEKANBARU’, JURNAL INOVTEK SERI TEKNIK SIPIL DAN APLIKASI (TEKLA), 3(1). Available at: http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla/article/view/2127 (Accessed: 5 May 2022).
Masrul, D., & Utami, A. (2021). Analisis Pengaruh On-Street Parking terhadap Kinerja Jalan di Pasar Jaya Ciracas , Jakarta Timur. 5(3), 263–272.
Utami, A., & Widyastuti, H. (2019). Model Panjang Antrian Kendaraan pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang Jl. Gayung Kebonsari Surabaya). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 17(1), 27. https://doi.org/10.12962/j2579-891x.v17i1.4693
Kuswanto, I. and Utomo, A. (2021) ‘ANALISIS KINERJA RUAS JALAN MOJOPAHIT SELATAN KOTA MOJOKERTO’, 2.
Septiansyah, M.V.M. and Wulansari, D.N. (2018) Jurnal Kajian Teknik Sipil Volume 3 Nomor 2 110 ANALISA KINERJA RUAS JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, DKI JAKARTA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nathanael Soarota, Adita Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.