ANALISIS PERBANDINGAN KETEBALAN PERKERASAN LENTUR ANTARA DESAIN RENCANA DENGAN PERENCANAAN MENGGUNAKAN METODE MDP 2017 DAN METODE BINA MARGA PT T-01-2002-B. (STUDI KASUS: RUAS JALAN GUBERNUR SYARKAWI (STA 24+500 SD. STA 27+000).
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v8i1.1392Keywords:
Perkerasan Lentur, Tebal perkerasan, Metode MDP 2017, Metode Pt-T-01-2002-BAbstract
Penelitian dilakukan pada Jalan Gubernur Syarkawie (Sp. Handil Bakti (Sp. Serapat)-Km. (By Pass Banjarmasin)) tepatnya pada STA 24+500 sd. STA 27+000 yang terletak di dekat bundaran Liang Anggang KM. 17. Panjang jalan yang direncanakan adalah 2500 m. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbandingan ketebalan perkerasan lentur antara desain rencana dengan perencanaan menggunakan Metode MDP 2017 dan Metode Bina Marga Pt T-01-2002-B. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Metode MDP 2017 menggunakan lapis perkerasan AC–WC, AC–BC, AC-Base dan Lapis Penopang (Base course, sedangkan metode Bina Marga Pt T 01-2002-B menggunakan lapis perkerasan AC–WC, AC–BC dan AC-Base tanpa Lapis Penopang (Base course). Kedua metode tersebut menggunakan Lapis Pondasi Atas berupa Lapis Pondasi Agregat Kelas A. Perbedaan signifikan terletak pada lapis pondasi dasar sebagai perbaikan tanah bawah. Metode MDP 2017 serta Gambar Rencana menggunakan lapis penopang dengan memakai lapisan geotextile, sebaliknya metode Pt T 01- 2002- B menggunakan Lapis Pondasi Agregat Kelas B.
Downloads
References
Amahoru, J., & Waas, R. H. (2021). Analisa Tebal Lapis Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 pada Ruas Jalan Vila Indah-Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Jurnal Manumata, 7(1).
Ariyanto, A. S., & Sarwanta. (2021). Perbandingan Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Lentur dengan Metode AASHTO dan MDP. Jurnal Rekayasa Infrastruktur, Volume 7.
Birasungi, C. F., Waani, J. E., & Manoppo, M. R. E. (2019). Evaluasi Struktur Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga 2013 (Studi Kasus: Ruas Jalan Yos Sudarso Manado). Jurnal Sipil Statik, 7(1), 137–146.
BPJN Kalimantan Selatan XI. (2021). Design Report Peningkatan Jalan Tanpa Penutup.
Fadhlan, K., & Muis, Z. A. (2013). Evaluasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Pt t-01-2002-B dengan Menggunakan Program Kenpave. Jurnal Teknik Sipil USU, 2(2).
Fajri, D. R., Priana, S. E., & Putra, Y. (2022). Analisis Kondisi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan PCI Jalan Raya Lintau-Payakumbuh. Ensiklopedia Research and Community Service Review, volume 2(1), 121–144.
Firdaus, W. N., Hz, H., & Syahyadi, R. (2020). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode Pt T-01-2002-B dan MDP 2017 Edisi Revisi Serta Anggaran Biaya Metode AHSP 2016 pada Peningkatan Jalan Peureulak-Lokop Segmen I. Jurnal Sipil Sains Terapan, Volume 3(2), 1–75.
Juniarti, M., Widodo, S., & Akhmadali, D. (2021). Perencanaan Perkerasan Jalan Dengan Metode Bina Marga 2002 dan Metode Bina Marga 2011 (Studi Kasus: Jl. Drs. Moh. Hatta. Sungai Rengas Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya). Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, Volume 8(No 2).
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2017 (R. Sihombing, Ed.; Edisi Kedua 2017). Direktur Jenderal Bina Marga.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2013). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 12/SE/M/2013 Tahun 2013 tentang Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur (Menteri Pekerjaan Umum, Ed.; No. 12/SE/M/2013). Kementerian Pekerjaan Umum.
Lestari, U. S., & Resentia, N. K. (2017). Pavement Design Comparative Analysis Using Bina Marga Design Method (Pt T-01-2002-B) And Pavement Design Manual (No.04/Se/Db/2017) (Case Study: Trisakti Port-Liang Anggang). Jurnal Poros Teknik, 9(1), 1–41.
Mantiri, C. C., Sendow, T. K., & Manoppo, M. R. E. (2019). Analisa Tebal Perkerasan Lentur Jalan Baru Dengan. Jurnal Sipil Statik, Volume 7(10).
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2002). Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur pt t-01-2002-b. Jakarta
Murad, W., & Novera, M. (2019). Desain Perkerasan Lentur Berdasarkan Metode Bina Marga Ruas Jalan Simpang Seling-Muara Jernih Kabupaten Merangin. Jurnal Talenta Sipil, 2(1).
Pradani, N., Sadli, M., & Fithriayuni, D. (2016). Analisis Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pd T-01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Metode Nottingham Pada Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai Palu. Jurnal Fropil, 4(2), 140.
Rasuli, A., & Sastra, M. (2021). Perancangan Tebal Perkerasan Lentur dengan Membandingkan Metode MDPJ Revisi September 2017 dan Pt T-01-2002-B (Studi kasus: Jalan Penebal-Ulu Pulau). Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi (TEKLA), volume 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Utami Sylvia Lestari, Darmansyah Tjitradi, Fauzi Rahman, Mona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.