PENGARUH PEMBERSIHAN RUBBER DEPOSIT TERHADAP NILAI UJI KEKESATAN PADA LANDAS PACU

Authors

  • Yahya Rizky Shahrial Universitas Surakarta
  • Lely Hendarti Universitas Surakarta
  • Silvia Yulita Ratih Universitas Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v6i1.1245

Keywords:

Rubber deposit, Landas Pacu, uji kekesatan

Abstract

Berkaitan dengan keselamatan penerbangan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu landas pacu. Salah satunya adalah landas pacu harus bersih dari semua hal yang membahayakan proses pergerakan pesawat. Runway perlu di rawat secara berkala untuk membersihkan partikel-partikel yang berbahaya bagi penerbangan. Pemeliharaan kekesatan permukaan perkerasan dilakukan oleh pelaksana bandar udara dan pengguna lalu lintas secara teratur dan terjadwal. Kekesatan diukur dengan alat MU meter. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembersihan rubber deposit terhadap nilai kekesatan permukaan landas pacu sehingga bisa memenuhi persyaratan yang berlaku. Metode penelitian adalah metode kuantitatif yang dilakukan dengan pengukuran dan pengujian. Hasil ploting area dan pengamatan ukuran dimensi area pekerjaan pembersihan rubber deposit pada landasan pacu Bandar Udara Adi Soemarmo adalah 4200 m2. Hasil pengukuran dengan MU meter sebelum dilaksanakan pembersihan rubber deposit didapatkan nilai kekesatan sebesar 0,53. Dengan nilai rata – rata tersebut landas pacu memerlukan perawatan pembersihan rubber deposit. Setelah dilakukan pembersihan didapatkan nilai kekesatan sebesar 0,71. Dari hasil tersebut terlihat bahwa pembersihan yang dilakukan mempunyai pengaruh efektif membersihkan rubber deposit yang ada pada permukaan perkerasan runway / landas pacu Bandara Internasional Adi Soemarmo sehingga nilai kekesatan memenuhi persyaratan yang berlaku.

 

Kata kunci—Rubber deposit, Uji Kekesatan, Landas Pacu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, (2005), Surat Keputusan Direktorat Jendral

Perhubungan Udara No: SKEP/78/VI/2005, tentang petunjuk pelaksanaan pemeliharaan konstruksi landas pacu(runway), landas hubung(taxiway), dan landas parkir(apron). Serta fasilitas penunjang di bandar udara.

Anonim, (2015), Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor KP 94 Tahun 2015 tentang Pedoman Program Pemeliharaan Konstruksi Perkerasan Bandar Udara.

Anonim (2008), SNI 6478:2008 Cara uji kekesatan pada permukaan perkerasan menggunakan alat Mu-meter.

Akhmad Dharma Arianto, Ervina Ahyudanari, (2019), Perkiraan Akumulasi Rubber deposit Berdasarkan Variasi dan Frekuensi Pergerakan

Pesawat di Bandara Internasional Juanda, Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Volume 17, Nomor 2, Agustus 2019,http://iptek.its.ac.id/index.php/jats

Bachdar, R. R. K., Malingkas, G. Y., & Tarore, H. (2020). Analisis Risiko Pelaksanaan Perawatan Landas Pacu Bandar Udara Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 10(1), 21–34.

Freedy Kristiawan, Ervina Ahyuadanari, Istiar. (2017). Evaluasai Kesesuaian Jadwal Pemeliharaan Runway di Bandar Udara Juanda, Jurnal Teknik ITS, Vol 6. No 2. ITS.

Glen Abraham Asanda, (2018), Evaluasi Fasilitas Air Side (Runway) di Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong – Papua Barat, Skripsi, Fakultas Teknik, UAJY

Horonjeff, R. Dan McKelvey, X.

perencanaan dan perancangan bandar

udara, penerbit Erlangga, Jakarta,

Karolina Ginting Putri, Akhmadali, Eti Sulandari, (2018) Uji Nilai Kekesatan Permukaan Jalan Berdasarkan Jenis Pada Lapisan Permukaan

pada Perkerasan Lentur, Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 5(2) Universitas Tanjungpura.

Najamudin, I. (2019). Prosedur Pemeliharaan Landas Pacu (Runway) Bandar Udara SM. Badaruddin II. Palembang (Mengacu Pada Prosedur Teknis). Warta Penelitian Perhubungan, 24(5), 462. https://doi.org/10.25104/warlit.v24i5.1026

Muliasari, A., & Purnama, M. H. (2019). Analisa Rencana Overlay Landas Pacu Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Terhadap Equivalent Single Wheel Load (ESWL) Pesawat Boeing 737-900 ER. Warta Penelitian Perhubungan, 25(7), 468. https://doi.org/10.25104/warlit.v25i7.746

Murtadho, A., & Pakan, W. (2014). Kajian Perbaikan Apron Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. WARTA ARDHIA, 40(2), 71–84. https://doi.org/10.25104/wa.v40i2.223.71-84

Sandy Prasetia, Sukamto, Luky Surachman, (2020), Perencanaan Perawatan Landas Pacu 11-29 Dengan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Jurnal Aviasi 11(1) 62-74

Sartono W, Dewanti, dan Rahman T., (2016). Bandar Udara Pengenalan dan Perancangan Geometrik

Runway, Taxiway, dan Apron. Edisi Pertama. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Seno, R., & Ahyudanari, E. (2015). Evaluasi Kekuatan Perkerasan Sisi Udara (Runway, Taxiway, Apron) Bandara Juanda Dengan Metode Perbandingan ACN-PCN. Jurnal Teknik ITS. Retrieved from http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/8736

Sukamto, Taryana. (2014), Pengaruh Rubber deposit Pada Landasan Pacu terhadap keselamatan penerbangan di Bandar Udara Radin Inten II Lampung, Jurnal Aviasi Langit Biru 9(18): 68.

Published

2022-06-28