PENGARUH HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PUPUK UREA BERSUBSIDI PADA PT. PERTANI (PERSERO) CABANG BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.1234/bima.v2i1.1748Kata Kunci:
Harga, volume Penjualan, UreaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap volume penjualan pupuk urea bersubsidi pada PT. Pertani (Persero) Cabang Banten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga pupuk urea bersubsidi PT. Pertani (Persero) Cabang Banten, bagaimana volume penjualan pupuk urea bersubsidi di PT. Pertani (Persero) Cabang Banten, dan seberapa besar pengaruh harga terhadap volume penjualan pupuk urea bersubsidi di PT. Pertani (Persero) Cabang Cabang Banten, dan seberapa besar pengaruh harga terhadap volume penjualan pupuk urea bersubsidi pada PT. Pertani (Persero) Cabang Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe asosiatif. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar -6,348 dan nilai t tabel sebesar 1,71387. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari t tabel (-6,348>1,71387), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa variabel harga bertanda negatif.
Unduhan
Referensi
Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran. CV Yrama Widya.
Husein Umar. (2013). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen,. Gramedia Pustaka,.
Kotler Philip, A. G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, (12th ed.). Penerbit Erlangga.
Peraturan Menteri Pertanian. (2020). Permentan No. 49 Tahun 2020 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian Tahun Anggaran 2021 [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/201273/permentan-no-49-tahun-2020