https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/issue/feed BIMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen 2022-04-22T07:48:53+00:00 Rika Novyanti bima@poliban.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Bisnis dan Manajemen (BIMA)</strong> is published by P3M Politeknik Negeri Banjarmasin. BIMA is published twice a year (every March and Oktober). In each volume, BIMA receives articles that will be reviewed by either internal or external editors. Subsequently, the article will be reviewed by our reviewer with related expertise. The article will be reviewed by double-blind peer review.</p> <p>The scopes of the topics include :</p> <ul> <li class="show">Financial Management</li> <li class="show">Marketing Management</li> <li class="show">Human Resource Management</li> <li class="show">Organizational Behavior</li> <li class="show">Corporate Governance</li> <li class="show">Strategic Management</li> <li class="show">Operations Management</li> <li class="show">Change Management</li> <li class="show">Management Information Systems</li> <li class="show">Management Education</li> <li class="show">Tourism Management</li> <li class="show">Entrepreneurship</li> </ul> https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1319 Strategi Promosi Dan Rotasi Kerja Pegawai Pada Sekretariat Dprd Kabupaten Tanah Bumbu 2022-04-22T06:57:47+00:00 Trisylvana Azwari trisylvana.azwari@ulm.ac.id Novi Shintia novi221177@poliban.ac.id Agus Pebrianto agoesyoriko@yahoo.com <p>Masalah yang dihadapi Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu adalah saat ini adalah Kesalahan menempatkan karyawan dalam suatu jabatan yang bukan keahliannya.Tujuan dari penelitian ini yang penyusun lakukan 1) Untuk mengetahuistrategi promosi dan rotasi pegawai kerja yang terkait promosi dan rotasi kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu. 2) Untuk mengetahui strategi promosi dan rotasi&nbsp; pegawai kerja yang tepat terkait promosi dan rotasi kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.</p> <p>Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian Tugas Akhir ini adalah Deskriptif, yang mana penyusun akan mendeskripsikan dan menerangkan peristiwa mengenai penempatan kerja pegawai meliputi promosi dan rotasi kerja dalam instansi yang bersangkutan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu penempatan kerja pegawai dan variabel terikat yaitu strategi.Teknik pengumpulan data yang penyusun lakukan adalah kuesioner dan dokumentasi.</p> <p>Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penempatan pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dapat dikatakan baik dalam penerapannya.Dapat dilihat pada promosi pegawai bahwa promosi pegawai sudah baik dalam kegiatannya.Begitu pula pada kegiatan rotasi/mutasi pegawai, serta indikator rotasi/mutasi pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dapat dikatakan baik sehingga mewujudkan penempatan pegawai yang sesuai.</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1318 Pengaruh Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Banjarmasin 2022-04-22T06:52:49+00:00 Deela Alfina deela.alfina@gmail.com Rahmatul Jannatin Naimah jannatinnaimah@gmail.com <p><em>Saat ini penerimaan pajak dari Wajib Pajak Orang Pribadi secara nominal masih terlalu rendah. Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pendidikan merupakan faktor dari dalam diri setiap Wajib Pajak Orang Pribadi yang dapat mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi membayar pajak secara parsial terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin,(2) untuk mengetahui tingkat pendidikan secara parsial terhadap keaptuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin, dan (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi membayar pajak dan tingkat pendidikan secara simultan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi &nbsp;di Kota Banjarmasin. </em></p> <p><em>Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel</em><em> yang diambil</em><em> sebanyak 50 orang dengan ketentuan Wajib Pajak Orang Pribadi yang berdomisili di Kota Banjarmasin.Teknik analisa data </em><em>yang digunakan adalah</em><em> analisis regresi linear berganda.</em></p> <p><em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)</em> <em>variabel Motivasi Membayar Pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin, (2) variabel Tingkat Pendidikan secara parsial berpengatuh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin. (3) variabel Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pendidikan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin.</em></p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1323 Pemanfaatan Digital Marketing Oleh Pelaku Umkm Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19 2022-04-22T07:30:36+00:00 Sari Hepy Maharani sarihepymaharani@poliban.ac.id Rohayati Rohayati Rohayati@poliban.ac.id Linda Permanasari lindapermanasari@poliban.ac.id <p><em>Sejak awal tahun 2020, pandemic Covid-19 telah mengubah seluruh aspek kehidupan masyarakat. Masyarakat harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan&nbsp; baru dimana penerapan protokol kesehatan tidak hanya wajib tetapi juga menjadi trend gaya hidup. Salah satu kebiasaan baru yang mulai diterapkan banyak orang adalah belanja online. Hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi UMKM di Indonesia untuk dapat mengembangkan dan mempertahankan usahanya di tengah pandemi COVID-19. Penelitian yang dilakukan secara kualitatif ini menggunakan kajian literatur agar dapat memberikan gambaran bagaimana digital marketing memberikan peran yang berarti dalam meningkatkan ketahanan UMKM di Indonesia sehingga dapat tetap bertahan dimasa pandemic.Selain itu melalui penelitian ini juga digambarkan implementasi digital marketing yang mayoritas digunakan oleh pelaku UMKM di Indonesia</em></p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1325 Tinjauan Tentang Prosedur Pembayaran Hutang Oleh Account Payable Galaxy Hotel Banjarmasin Kepada Supplier 2022-04-22T07:48:53+00:00 Muhammad Yasar muhammadyasar3100@gmail.com Huda Sya'rawi mamaazay@gmail.com <p>Penelitian tugas akhir ini, betujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui (1) prosedur pembayaran hutang oleh <em>account payable</em> Galaxy Hotel Banjarmasin kepada <em>supplier,</em> (2) kendala dalam proses pembayaran hutang oleh <em>account payable</em> Galaxy Hotel Banjarmasin.</p> <p>Metode penelitian ini yaitu bentuk penelitian deskriptif. sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Variabel penelitian ini adalah variabel independent. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan hutang usaha yang digunakan oleh <em>account payable</em> Galaxy Hotel Banjarmasin sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan prosedur akuntasi yang berlaku walaupun masih terdapat beberapa kendala namun secara keseluruhan sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari fungsi yang terkait dalam pembayaran hutang, catatan akuntasi yang digunakan, dokumen yang digunakan, serta jaringan prosedurya. Kendala dalam proses pembayaran hutang oleh <em>account payable</em> Galaxy Hotel Banjarmasin kepada <em>supplier </em>ada beberapa yaitu : Transfer pembayaran hutang yang tidak <em>approved</em> atau disetujui pembayarannya, perbedaan kuantitas barang di <em>invoice supplier</em> dengan <em>purchase order. </em>&nbsp;</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1316 Pengaruh Crm (Customer Relationship Management) Dan Kualitas Kerja Terhadap Omzet Penjualan Pada Pt Dok Dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin 2022-04-22T06:26:09+00:00 Aldamitha Fatimah mithaalda90@gmail.com <p>Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, sehingga transportasi laut sering digunakan, namun tidak banyak yang tau kapal harus selalu dalam keadaan layak dan memenuhi standar klasifikasi, oleh karena itu membuka peluang sektor kelautan industri galangan kapal yang mana pelanggan nya bukan masyarakat umum sehingga diperlukannya pelayanan dan kualitas terbaik dari perusahaan untuk para pelanggan melalui variabel CRM (<em>Customer Relationship Management</em>) dan Kualitas Kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara CRM dan Kualitas Kerja secara simultan dan parsial terhadap Omzet Penjualan.</p> <p>Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, sumber data primer dan sekunder, variabel independen (CRM dan kualitas kerja) dan variabel dependen (omzet penjualan), pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis dengan Regresi Linier Berganda menggunakan <em>software</em> SPSS versi 21.</p> <p>&nbsp;Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel CRM dan Kualitas Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Omzet Penjualan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 25,694 &gt; 3,09, 2) Variabel CRM berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (5,114 &gt; 1,66), sedangkan variabel Kualitas Kerja tidak berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai Thitung lebih kecil dari Ttabel (1,348 &lt; 1,66) terhadap Omzet Penjualan, 3) Diantara variabel CRM dan Kualitas Kerja yang berpengaruh paling dominan terhadap Omzet Penjualan adalah variabel CRM dengan nilai Rpartial2 sebesar 0,212 atau 21,2% pada PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin.</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1320 Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Megah Profitamas Banjarmasin 2022-04-22T07:09:50+00:00 Zulvan Marinda Marzuki Siswanto zulvanmarinda17@gmail.com Fitriani Fitriani Fitrianidahrani@gmail.com Rini Amelia riniaamelia@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk <em>Reward</em> dan <em>Punishment</em> yang diberlakukan, serta pengaruh <em>Reward</em> dan <em>Punishment</em> terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mirta Megah Profitamas Banjarmasin. Metodologi dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi Pada penelitian&nbsp; kali ini adalah 122 orang karyawan pada PT. Mitra Megah Profitamas Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus <em>Slovin. </em>Berdasarkan Teknik tersebut diperoleh responden sebesar 93 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Pengujian dan analisis penelitian memperlihatkan bahwa <em>Reward</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, lalu <em>Punishment</em> juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. kemudian secara simultan menunjukkan bahwa <em>Reward</em> dan <em>Punishment</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1321 Penguatan Peran Koperasi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Primer Koperasi Polisi (Primkoppol) Pada Kepolisian Daerah Kalimanta Selatan 2022-04-22T07:16:09+00:00 Ulya Nada Afa ulyanada4400@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) untuk mengetahui peran Primkoppol Polda Kalsel bagi kesejahteraan anggota selama ini. (2) untuk mengetahui langkah – langkah penguatan peran Primkoppol Polda Kalsel yang dapat dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan anggota. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemecahan masalah yang ada pada Primer Koperasi Polisi (Primkoppol) Polda Kalsel membutuhkan langkah – langkah pengelolaan koperasi secara professional yang pada gilirannya meningkatkan peran koperasi dengan kata lain, melalui penguatan peran Primkoppol.</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1317 Desain Strategi Pemasaran Digital Menggunakan Media Sosial Instagram Pada Lely Cake Banjarbaru 2022-04-22T06:38:08+00:00 Anisa Nur Fitria anisanurfitria@poliban.ac.id Rinova Firman Cahyani crinovaf@yahoo.com <p>Lely Cake Banjarbaru merupakan <em>home industry</em> yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan roti dan kue sejak tahun 2019. Usaha tersebut selalu memberikan pelayanan yang memuaskan dengan kualitas yang terjangkau, tapi masih kurang dalam strategi pemasaran, sehingga pelanggan hanya mencakup orang-orang terdekat. Besarnya potensial digital marketing tak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran yang saat ini diterapkan pada Lely Cake Banjarbaru, dan (2) ntuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial instagram yang tepat pada Lely Cake Banjarbaru.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital merupakan hal penting pada Lely Cake Banjarbaru dalam pengelolaan digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Strategi digital marketing yang perlu diterapkan dan dimaksimalkan adalah sosial media marketing. Guna meningkatkan jangkauan brand engagement yang lebih luas pada Lely Cake Banjarbaru melalui media sosial instagram dapat dilakukan dengan cara pemilihan platform, profil akun instagram yang unik dan menarik, sajikan konten menarik, berbagai macam bentuk konten instagram, kelola konten dan jadwal, gunakan hastag yang sesuai dan relevan, ambil customer produk pesaing, dan tingkatkan interaksi dengan customer.</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1324 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Jasa Asuransi Pada Pt. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin 2022-04-22T07:35:30+00:00 Ihya Ulumiddina e010318049@mahasiswa.poliban.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) secara simultan, parsiial dan dominan terhadap loyalitas nasabah jasa asuransi pada PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1300 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode solvin sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik&nbsp; analisis regresi linier berganda menggunakan software SPPS versi 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap perubahan variabel loyalitas nasabah (Y) adalah 79% sedangkan sisanya 21% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam lingkup penelitian pada PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin. (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah jasa asuransi pada PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin dengan nilai Thitung variabel Tangible (X1) sebesar 2,048, Reliability (X2) sebesar 2,280, Responsiveness(X3) sebesar 2,014, Assurance(X4) sebesar 0,542, Empathy(X5) sebesar 6,318. (3) di antara variabel kualitas pelayanan yang paling dominan adalah variabel empathy(X5) dengan nilai koefisien regresi yang paling besar yaitu 0,519 atau 51,9%.&nbsp;&nbsp; &nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1322 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Reward Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bumi Barito Utama Kantor Cabang Banjarmasin 2022-04-22T07:25:31+00:00 Siti Nur Chaliza Chacabjm18@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk Mengetahui dan Menganalisa Apakah Gaya Kepemimpinan dan Reward Punisment berpengaruh signifikan secara Simultan terhadap kinerja pada karywan PT. BUMI BARITO UTAMA. (2) Untuk Mengetahui dan Menganalisa Apakah gaya Kepemimpinan berpengaruh signifikan secara Parsial terhadap kinerja Karyawan PT. BUMI BARITO UTAMA. (3) Untuk Mengetahui dan Menganalisa Apakah Rewad pusnishment berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja Karyawan PT. BUMI BARITO UTAMA.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah seluruh Karyawan PT Bumi Barito Utama Kantor Cabang Banjarmasin. Teknik sampling yang digunakan adalah Sample Jenuh/ Sensus, dengan sampel sebanyak 50 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Gaya kepemimpinan di PT. Bumi Barito Utama tidak terlalu berpengaruh secara signifikan&nbsp; walaupun adanya Rollingan Pimpinan atau Branch Manager setiap Periodenya (2) hasil perhitungan secara simultan meliputi semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap perubahan variabel Kinerja Karyawan (Y) adalah menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel terikat sebesar 80,7%. Sisanya sebanyak 19,3% di pengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Sedangkan dari hasil pengujian secara parsial dengan nilai thitung variabel Gaya kepemimpinan (X1) sebesar -1,814, Reward Punishment (X2) sebesar 8,908. Maka secara Parcial Variable Reward Punishment (X2) berpengaruh signifikan secara Parcial</p> 2022-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 BIMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen