P PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DI SDN MAWAR 7 BANJARMASIN

Penulis

  • Fitri Ani Dahrani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Said Muhamad Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v20i2.951

Kata Kunci:

Kata Kunci : Pustakawan, Pembelajaran, guru, perpustakaan, siswa.

Abstrak

Abstrak

Proses pembelajaran berbasis perpustakaan adalah kolaborasi aktif antara guru dan pustakawan dalam mendidik keterampilan ‘melek informasi’ kepada siswa. Eksistensi pustakawan yang selama ini dipandang sebagai profesi yang terpisah dari kegiatan pembelajaran dan hanya diposisikan sebagai pelengkap, kini dijadikan bagian integral dalam membina keterampilan penelusuran informasi bagi siswa. Hubungan antara guru dan pustakawan harus merupakan kerjasama formal dalam aspek-aspek pengembangan desain pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan interview dengan analisis kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran berbasis perpustakaan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan  siswa-siswi SDN Mawar 7 Banjarmasin. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan  di SDN Mawar 7 Banjarmasin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, Syarwani. Internet untuk Pembelajaran. Journal Informatika, Vol. 2 Thn XI, (2006).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara,2001.
Hartono, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta:Ar Ruz, 2016.
Koeswara, E. Dkk. Dinamika Informasi dalam Era Global. Bandung: Rosda Karya, 1998.
Kutha Ratna, Nyoman, Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, (Bandung: Rosda, 2007)
Modhoffir. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumbr Belajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992.
-------------, Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumbr Belajar,Bandung : Remaja : Rosda Karya, 1992), Cet. Ke-3
Poerwandari, E. Kristi. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi UI, 1998.
Pustaka Karya, Literasi Informasi dalam Proses Pengerjaan Tugas (Studi Survei mengenai literasi informasi siswa kelas-X SMAN 1 Cicelengka dalam proses pengerjaan tugas, penulis Chindy Claudya Paskaria Sianturi dkk.,Jurnal Imiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, volume 7, no 14,Juli-Desember 2019.
Pustaka Karya, Teknik Penelusuran Untuk Temu Kembali Informasi di Perpustakaan, penulis Muhammad Nur Effendi, Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi,volume 5, no.9, Januari-Juni 2017
Qalyubi, Sihabuddin dkk. Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan informasi fakultas Adab IAINSunan Kalijaga, 2003.
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2004), Cet.
Ke-2
Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta : Gramedia, 1992
Sadiman, Arif Sukadi, dkk. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Mediyatma Sarana Perkasa, 1998.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Diterbitkan

30-11-2020

Cara Mengutip

Dahrani, F. A., & Muhamad, S. (2020). P PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DI SDN MAWAR 7 BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 20(2), 95–99. https://doi.org/10.31961/intekna.v20i2.951