Penentuan Kesesuaian Lahan Berbasis Sistem Informasi Geografis Studi Kasus Daerah Rawa Kanamit, Kabupaten Pulang Pisau

Penulis

  • Yastin David Batara

Abstrak

Di Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya diperlukan sistem informasi sumberdaya air dan lahan rawa. Daerah lahan Rawa Kanamit di Kalimantan Tengah direncanakan  menjadi andalan lumbung padi dengan luas areal irigasi 1150 ha. Hasil yang telah diperoleh dimasukkan dalam pengembangan Pusat Data dan Informasi Daerah Rawa dan Pesisir.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kesesuaian lahan dalam satuan lahan unit berdasarkan tabel ISDP 1996. Data topografi, pasang surut, kedalaman pirit, dan drainabilitas dianalisis menjadi peta (data spasial). Untuk pembuatan data atribut, pengklasifikasian data, dan pengklasifikasian satuan lahan unit berbasis sistem informasi geografi (SIG).

Hasil penentuan klasifikasi kesesuaian satuan Lahan Unit (LU) adalah LU I, V, dan IX dengan masing-masing luasan yang didapat adalah 508,217 ha (44,19 %) cocok untuk tanaman padi pasang surut), 287,029 ha (24,96 %) dan 124,824 ha (12,48 %). Masing-masing lahan unit V dan IX cocok untuk tanaman palawija, dan padi tadah hujan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

01-05-2016

Cara Mengutip

Batara, Y. D. (2016). Penentuan Kesesuaian Lahan Berbasis Sistem Informasi Geografis Studi Kasus Daerah Rawa Kanamit, Kabupaten Pulang Pisau. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 16(1), 31–38. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/324

Terbitan

Bagian

Articles