Analisis Risiko Pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Departemen Produksi Perumdam Tirta Tarum Karawang

Penulis

  • Zidan Faturahman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dene Herwanto

Kata Kunci:

K3, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang, BUMD, Produksi, Non-Probability Sampling, Risiko

Abstrak

Perusahaan Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Tarum Karawang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang beroperasi untuk pendistribusian air bersih kepada masyarakat. Perumdam Tirta Tarum Karawang sebagai penyedia layanan publik yang menggarap, mempersiapkan dan melayani kebutuhan air bersih seluruh warga Kota Karawang. Dengan fungsi tersebut, bagian produksi mengelola pengolahan air sungai menjadi air jadi. Tentunya bagian produksi memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara terhadap operator bagian produksi. Hasil dari analisis dan pendeteksian, tidak ada risiko kecelakaan kerja selama proses produksi. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Variabel penelitian yang digunakan untuk mengimplementasikan K3 adalah Biologi, Fisika, Ergonomi, Psikologi dan Kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko fisik dapat terjadi pada 8 aktivitas, risiko biologis dapat terjadi pada 10 aktivitas, risiko ergonomis dapat terjadi pada 2 aktivitas, risiko kimiawi dapat terjadi pada 2 aktivitas, dan risiko psikologis dapat terjadi pada 1 aktivitas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dene Herwanto

Dosen Teknik Industri Universitas Singaperbangsa Karawang 

Referensi

(PP), P. P. (2012). Perlakuan Kepabeanan Perpajakan dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluran Barang ke dan dari serta Berada di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Jakarta: LL Sekretariat Negara No. 5277.

Akbar S.H., M.H, M. G., & Guntara, S.H., M.H, D. G. (2018). Perubahan Bentuk Perusahaan Daerah Ke Perseroan Daerah : Perusahaan Daerah Air Minum Karawang. Jurnal Iliah Ilmu Hukum De'jure, 68-69.

Buntarto. (2015). Panduan Praktis Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk Industri. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.

Crasswell, J. (2018). Research Design Qualitive, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publication.

Fatimah, H. (2019). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pengarsipan Suray Pada PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang. Karawang: Repository BSI.

Fauzana, A. (2017). Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Pt Tirta Investama (Aqua) Solok. Padang: Universitas Andalas.

Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jeffray.

ILO. (2018). Meningkatkan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Pekerja Muda.

Ketenagakerjaan, B. (2019). Data Kecelakaan Kerja Terbaru di Indonesia. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Pemerintah, P. (. (2012). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: LN. Sekretariat Negara No. 5309.

Ridley, J. (2016). Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan Kerja. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Robbin, & Judge. (2011). Organizational Behaviour. Prectice Hall: 14th.

Rosdiana, D., Gusdini, N., & Febriana, L. (2019). Identifikasi Risiko Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Bagian Produksi PDAM Tirta Bhagasasi. Jurnal Rekayasa dan Optimasi Sistem Industri, 10-15.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Faturahman , Z. ., & Herwanto , D. (2023). Analisis Risiko Pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Departemen Produksi Perumdam Tirta Tarum Karawang. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 23(1), 87–92. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1816