Anggaran Laba Rugi Sebagai Alat Perencanaan Laba (Studi Kasus DNA Bakery Kecamatan Tamban)

Penulis

  • Hikmahwati hikmahwati Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nailiya Nikmah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Yusuf Sholihin Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Anggaran Biaya Produksi, Anggaran Biaya Operasi, Anggaran Harga Pokok Produksi, Anggaran Harga Pokok Penjualan, Anggaran Laba Rugi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di DNA Bakery Tamban yang merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang roti (bakery). Tujuan dari penelitian ini ialah bagaimana menyusun anggaran laba rugi pada DNA Bakery Tamban agar pencatatan anggaran laba. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan pengamatan di DNA Bakery Tamban. Kerangka pemikiran (secara teoritis) dalam penelitian ini adalah untuk menghitung anggaran laba rugi. Langkah pertama yaitu melakukan perhitungan forecast penjualan dengan menggunakan metode kuadrat karena hasil nilai Standar Kesalahan Forecast (SKF) di metode kuadrat lebih kecil dibandingkan metode least square dan trend moment. Selanjutnya, menghitung anggaran produksi dengan menggunakan kebijakan stabilitas tingkat persediaan. Menghitung anggaran biaya produksi dimulai dari anggaran bahan baku, anggaran biaya tenaga kerja langsung, dan anggaran biaya overhead pabrik. Selanjutnya menghitung anggaran biaya operasi yang terbagi menjadi biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum. Setelah itu, menghitung anggaran harga pokok produksi dan anggaran harga pokok penjualan. Selanjutnya menghitung anggaran laba rugi dalam 1 (satu) tahun. Hasil dari penelitian ini adalah anggaran laba bersih yang didapat DNA Bakery Tamban tahun 2022 sebesar Rp876.211.158.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariani, F., 2019. Penerapan Anggaran Penjualan dalam Memperkirakan Pendapatan pada Usaha Warung Cemilan di Kota Bukittinggi. J. Technopreneursh. Econ. Bus. Rev. 1, 58–68.

Bungin, B., 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, 1st ed. PT. Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Bustami, B., Nurlela, 2006. Akuntansi Biaya Kajian Teori dan Aplikasi, Pertama. ed. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Gulpenko, K., Tumashik, N., Filiasova, Y., 2017. External and internal factors in organizational budgeting methodology formation. MATEC Web Conf. 08103. https://doi.org/10.1051/matecconf/201710608103

Gunawan, I., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Teori & Praktik. PT. Bumi Akrasa., Jakarya.

Hadiutomo, K., 2012. Mekanisasi Pertanian. IPB Press, Bogor.

Hamzah, A., 2020. Analisis Anggaran Operasional Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar. Makasar.

Herlianto, D., 2011. Teknik penyusunan anggaran operasional perusahaan, 1st ed. Yogyakarta Gosyen Publishing.

Manik, Y.N., 2018. Analisis Anggaran Sebagai Alat Pengawasan Laba Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera Medan. Universitas HKBP Nommensen.

Nafarin, M., 2013. Penganggaran Perusahaan, 3rd ed. Selemba Empat, Jakarta.

Purba, I.D., 2007. Analisis Anggaran Laba Rugi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Laba Pada PT. Aneka Sari Binjai. Universitas Medan Area.

Riwayadi, 2006. Akuntansi Biaya. Andalas University Press, Padang.

Sarah, C., Sembiring, E.E., 2021. Evaluation of the Role of Operational Costs Budget as Management Control Tool ( Case Study in PD Lima Motor Garut ). Indones. Account. Lit. J. 02, 12–25.

Sasongko, C., Parulian, S.R., 2011. Anggaran, 3rd ed. Selemba Empat, Jakarta.

Wahyuning, S., Rachmawati, N., Sumaryanto, 2022. Sistem informasi akuntansi anggaran laba dengan metode a posteriori. J. Akunt. dan Bisnis 2, 21–28.

Yanto, E., Nurfitriana, N., Ijma, I., 2022. Konsep Dasar Penganggaran Perusahaan. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

hikmahwati, H., Nikmah, N., & Sholihin, Y. (2023). Anggaran Laba Rugi Sebagai Alat Perencanaan Laba (Studi Kasus DNA Bakery Kecamatan Tamban). INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 23(1), 32–44. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1803