PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY

Penulis

  • Andri Suhendar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana
  • Putri Ramadani Universitas Mercu Buana
  • Putri Sari Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana
  • Ridwan Lutfi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana
  • Selvina Tawanta Brahmana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana

Kata Kunci:

kemudahan penggunaan, promosi, Kepercayaan Pelayanan, kepuasan penggunaan

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki pengaruh promosi, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan
layanan terhadap kepuasaan pengguna Shopeepay di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah
explanatory research yang menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel melalui pengujian
hipotesis. Sampel sebanyak 85 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan
karakteristik responden pengguna e-wallet ShopeePay di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan
kemudahan penggunaan dan persepsi kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap Kepuasaan Penggunaan Shopeepay, sedangkan hasil penelitian pada promosi
menunjukan bahwa promosi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasaan
Penggunaan Shopeepay.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Davis Gordon,1989. Karangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, PT.Pustaka Binaman Presindo. Jakarta Pusat

Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta

Falah, Muhammad N. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan kembali Shopeepay di Kota Malang saat Pandemi Covid 19. Jurnal Imiah Mahasiswa FEB=Universitas Brawijaya Vol 9, No 2.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi

Geddes J, Price J, McKnight R. Psychiatry. 4th ed. Oxford University Inc;2012

Ghazali, Imam, 2016, “Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23”, Cetakan kedelapan, Universitas Diponegoro, Semarang. Hal 156, 134, 138, 137, 116, 163, 5, 103, 157.

Imasari, Kartika, 2010, “Pengaruh media periklanan terhadap pengambilan keputusan siswa SMU untuk mendaftar di universitas kristen Maranatha”. Jurnal

Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2010, Hal.109-120, Vol.17 No.2. Hal:113

Isna, T. D. 2019. Revolusi Industri 4.0: SDM dan Inovasi adalah Kunci. Warta Ekonomi.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition.New Jersey: Pearson Pretice Hall

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta : Erlangga

Kurniawan, Mohd, 2018 “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Percetakan Dimas Kota Palembang”, Jurnal Ilmiah Manajemen

Bisnis Dan Terapan Tahun XV No 1, April. Hal:41

Mawardani, Fitri. 2021. Pengarug Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback terhadap Minta Mahasiswa dalam menggunakan Dompet Digital Shopeepay pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 9 No 3

Priyatno, Duwi, 2013, “Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS”, Yogyakarta: Media Kom. Hal 25, 30, 9, 40.

Priyatno, Duwi, 2014, “SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis”, Edisi 1, Yogyakarta: ANDI. Hal: 94, 103, 106

Santoso, Singgih, 2013, “Menguasai SPSS 21 di Era Informasi”. PT.ELEK Media Komputindo. Jakarta. Hal: 347, 354

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Suhendar, A., Ramadani, P., Dewi , P. S., Lutfi, R., & Brahmana, S. T. (2023). PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 23(1), 99–107. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1579