SIMULASI SAFETY DEVICE OVERHEAT GENERATOR SET ENGINE BERBASIS ARDUINO

Penulis

  • Ahmad Hendrawan Prodi Alat Berat
  • Muhammad Hasbi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Noor Rahman Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Simulasi, Safety Device, Generator Set, Arduino

Abstrak

Salah satu dari perangkat peralatan pengaman (Safety device) adalah safety device engine overheat yang ada di generator set engine. Perangkat ini berfungsi untuk menjaga engine maupun komponen yang ada di dalamnya agar tidak mengalami panas yang berlebih (Overheat). Mengingat pentingnya safety device dan pentingnya pemahaman mahasiswa tentang cara kerja safety device tersebut sedangkan dalam prakteknya tidak memungkinkan untuk menjalankan engine hingga overheat maka diperlukan adanya Simulasi Safety Device Overhead Generator Set.

Simulasi ini menggunakan arduino sebagai basis utama untuk memproses dan mengolah data yang diterima dari sensor suhu, dan akan melakukan perintah sesuai dengan program yang diberikan. Arduino sama halnya seperti Electronic Control Module yang mengatur semua kebutuhan yang di perlukan engine seperti penyemprotan bahan bakar dan juga cut off engine saat terjadi overheat.

Penelitian ini menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisa kebutuhan, desain alat, penulisan coding, pengkoneksian alat dan implementasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daryanto,2006. Pengetahuan Teknik Listrik. PT.Bumi Askara:Jakarta. Hal : 90

Eugene C.Lister, 1993. Mesin dan Rangkaian Listrik. Erlangga:Jakarta. Hal : 197

Junaidi, Yuliyan, 2018. Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino. Aura CV. Anugrah Utama Raharja: Lampung.

Suradi, Hanafie Ahmad, Satriani, 2018. Perancangan Sistem Monitoring Temperatur Ruangan Berbasis Short Message Service Menggunakan Arduino Nano. Jurnal ILTEK, Volume 13 Nomor 02, Oktober 2018. Pp. 1976-1983.

Bastian Ade, Mardiana Ardi, Riyanto Riki, 2019. Pengambangan Prototype Sistem Monitoring Ketinggian Air Untuk Peringatan Dini. Jurnal J-Ensitec Volume 05 Nomor 02, Mei 2019. Pp. 244-250.

Marwanto Dosik dan Agung Prijo Budiono, 2016. Rancang Bangun Trainer Berbasis Arduino Untuk Menunjang Mata Kuliah Instrumnetasi Kendali di Universitas Negri Surabaya. Jurnal JPTM, Volume 05 Nomor 02, 2016. Pp. 104-109.

Arum Permatasari, 2019. PengembanganAlat Peraga Lampu Sensor Berbasis Arduino Uno Pada Materi Energi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

Diterbitkan

31-05-2022

Cara Mengutip

Hendrawan, A., Hasbi, M., & Rahman, N. (2022). SIMULASI SAFETY DEVICE OVERHEAT GENERATOR SET ENGINE BERBASIS ARDUINO. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01), 18–24. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1276