Pengaruh Kinerja Karyawan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung pada UPPD Banjarmasin II

Penulis

  • Rida Astuti

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2276

Kata Kunci:

Kinerja Karyawan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung

Abstrak

UPPD Banjarmasin II merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan administrasi publik dan identifikasi kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini dilakukan (1) Untuk Mengetahui apakah Kinerja Karyawan dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengunjung pada UPPD Banjarmasin II. (2) Untuk Mengetahui apakah Kinerja Karyawan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengunjung pada UPPD Banjarmasin II. (3) Untuk Mengetahui apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengunjung pada UPPD Banjarmasin II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah jumlah pengunjung pada 5 tahun terakhir sebanyak 799.510 dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Variabel Kinerja Karyawan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y) pada UPPD Banjarmasin II dengan nilai Fhitung (19,564) > Ftabel (3,09). (2) Variabel Kinerja Karyawan (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengunjung (Y) pada UPPD Banjarmasin II dengan membandingkan nilai Thitung (0,106) < Ttabel (1,98). (3) Variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pengunjung (Y) pada UPPD Banjarmasin II dengan membandingkan nilai Thitung (4,915) > Ttabel (1,98).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adamy Marbawi SE. MM. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Aceh.

Assaly Arifin. 2018. Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan di CV Surya Kencana Medan.

Hasibuan Malayu S.P. Drs. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Indrasari Meithiana Dr. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya, Unitomo Press.

Masruro Sinulloh. 2019. Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual – Parasuraman) dalam membentuk Kepuasan Pelanggan sehingga tercipta Loyalitas Pelanggan. Tesis, Program Studi Menajemen Unira Malang, Malang.

Silaen Novia Ruth, dkk. 2021. Kinerja Karyawan, Bandung, Widina Bhakti Persada Bandung.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RAD. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Jakarta.

Widyanti Maulina. 2022. Pengaruh Tarif dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Premium pada PT PLN (Persero) Banjarmasin. Tugas Akhir, Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin.

Wulandari Siti Erika. 2022. Strategi Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT Adhi Guna Putera Cabang Banjarmasin. Tugas Akhir, Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin.

Yuliani Dewi, dkk. 2020. Analisa Kualitas Pelayanan Publik Pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kota Banjarmasin. Tesis, Ilmu Administrasi Universitas Islam Kalimantan, Banjarmasin

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Astuti, R. (2023). Pengaruh Kinerja Karyawan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung pada UPPD Banjarmasin II. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 106–115. https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2276