Pengaruh Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan di PDAM Kabupaten Tapin

Penulis

  • Noor Rezqi Kusuma
  • Rudy Haryanto Bisnis Digital, Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2275

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dimensi Kualitas Pelayanan

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui mengetahui apakah Kualitas pelayanan (tangible, realibility, responsiveness, assurance, emphaty) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan pelanggan PDAM Kabupaten Tapin, dan apakah kualitas pelayanan (tangible,realibility, responsiveness, assurance, emphaty) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kabupaten Tapin, dan kualitas pelayanan (tangible, realibility, responsiveness, assurance, emphaty) variabel yang memiliki dominan paling banyak dalam hal mempengaruhi kepuasan pelanggan PDAM kabupaten Tapin. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas, analisis regresi linier bergana , uji asumsi kelasi. Dari hasil penelitian ini :Variabel bebas Kualitas Pelayanan (Tangible (X1) Realibility (X2) Responsiveness (X3) Assurance (X4) Emphaty (X5)  berpengaruh secara signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan PDAM Kabupaten Tapin 77,8 % dari hasil itu memiliki sisa yaitu 22,2 % maka hal ini dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Hasil Variabel Tangible (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan PDAM Kabupaten Tapin dengan nilai Thitung -1,149. Variabel Realibility (X2) Tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan PDAM Kabupaten Tapin dengan nilai Thitung 1,358. Variabel Responsivenss (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan PDAM Kabupaten Tapin dengan nilai Thitung 4,431. Variabel Assurance (X4) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan PDAM Kabupaten Tapin dengan nilai Thitung 2,266. Variabel Emphaty (X5) Tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan PDAM Kabupaten Tapin dengan nilai Thitung 1,108. Variabel dengan pengaruh paling dominan adalah variabel Responsivenss terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan PDAM Kabupaten Tapin dengan nilai r2 yang yang paling besar adalah variabel Responsivenss yaitu 0,210 atau 21%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, Tjiptono. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalind

Anggreini, Nunik. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada PDAM Di Kecapatan Sesayap Kabupaten Tana Tuding.

Angriani, Lilis. 2021. “Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bulukumba”

Darsina. 2021. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media

Husain Umar,(2005) Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Ihsan, Muhammad. 2022. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin.

Panitia Tugas Akhir (2023). “ Buku Pedoman Tugas Akhir Jurusan Administrasi Bisnis”. Politeknik Negeri Banjarmasin.

Parasuraman, A., Zeithaml, A. V., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing.

Peraturan Bupati Tapin Nomor : 04 Tahun 2007 “ Uraian Tugas unsur-unsur organisasi PDAM Kabupaten Tapin.

Peraturan PDAM Kabupaten Tapin Nomor : 02/P-PDAM/TPN/II/2016 “ Susunan Organisasi Tata Kerja PDAM Kabupaten Tapin.

Rahmi, Zulfa. 2018. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Sanjung Buana Sijunjung.

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Rezqi Kusuma, N., & Haryanto, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan di PDAM Kabupaten Tapin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2275