Analisis Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Klaim Santunan pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan

Penulis

  • Aldinor Aldinor
  • Padli Padli Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Riswan Yunida Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2274

Kata Kunci:

Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Klaim Santunan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan yang beralamat Jalan A.Yani Km 4.5, No.35, Kebun Bunga,Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan 70325 yaitu perusahaan yang bergerak dibidang asuransi sosial milik (BUMN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan klaim santunan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan (1) Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan software statistic SPSS versi 26. Teknik pengumpulan data menggunaka kuesioner yang disebarkan kepada klaim santunan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan sebagai sampel sebanyak 20 orang dengan Teknik sampling yaitu purposive sampling. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan klaim santunan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan.pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan klaim santunan (3) Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan Y =30,897+0,672X. Tingkat signifikan dari kualitas pelayanan publik sebesar 0,000 lebih kecil 0,005 dengan nilai t hitung > t tabel (2,033> 1.325324). sedangkan koefisien determinasi R Square sebesar 0,205 atau 20,5% yang artinya bahwa ada 80,5% variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, M.Y. dan Setiawan , Y. 2016. Pengembangan Sistem Informasi Online Bimbingan Konseling Instumentasi Pemetaan Layanan dan Potensi Quran Siswa SMAN 4 Banjarmasin, Tugas Akhir, Manajemen Informatika Jurusan Admninistrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin.

Arisanti, E.A dan Mariska, M. 2016 Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Amdroid Menggunakan Java pada PDAM Kota Banjarmasin, Tugas Akhir, Manajemen Informatika Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin.

Ariwibowo, W.G. Teguh, 2020. Dasar-dasar Administrasi Bisnis, Jakarta: PT RajaGrafindo

Amstrong. (2018). Kinerja Karyawan.

Handoko, Hani, 2019, Manajemen Bisnis, Yogyakarta: BPEE.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Aldinor, A., Padli, P., & Yunida, R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Klaim Santunan pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 121–124. https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2274