Upaya Retensi Karyawan Mekanik Dan Operator Potensial Melalui Program Pelatihan Dan Pengembangan Karir Pada Pt Gagah Putera Satria

Penulis

  • Putri Kurnia Pratiwi
  • Rahmatul Jannatin Naimah Bisnis Digital, Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2271

Kata Kunci:

Upaya Retensi Karyawan, Program Pelatihan, Pengembangan Karir

Abstrak

Pencapain perusahaan sangat terkait pada mutu karyawan yang dimilikinya. Oleh karena itu, Manajemen Sumber daya Manusia (MSDM) harus membangun, memotivasi serta mengelola SDM yang perusahaan miliki secara maksimum berupa untuk menambah efisiensi investasi mereka. Hal ini mengakibatkan perusahaan PT Gagah Putera Satria harus berupaya untuk retensi karyawan atau memelihara dan memberikan pelatihan serta pengembangan karir bagi karyawan agar mengurangi angka trunover pada perusahaan. Tujuan penelitian ini, untuk menemukan penyebab, upaya retensi, pelatihan, pengembangan karir serta saran yang diberikan untuk perusahaan. Metode yang dipakai untuk menguraikan data dalam penelitian ini adalah kualitatif atau deskripsi, analisis data penelitian dilakukan seperti obeservasi dan wawancara. Hasil penelitian ini, sangat kesulitan untuk mencari karyawan sebab  akibatnya di luar sana banyak persaingan perusahaan pertambangan yang menawarkan value yang cukup baik dan juga belum cukup memadai dalam hal fasilitas karyawan salah satunya jaringan internet untuk akses komunikasi, begitu pula sangat penting untuk meningkatkan benefit perusahaan untuk terjaminnya kesejahteraan perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hasibuan, M. S. (2008). Manajemen sumber daya manusia.

Putra, I. B. G. S., & Rahyuda, A. G. (2016). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Dan Perceived Organizational Support (POS) Terhadap Retensi Karyawan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Achmad, A., Umar, A., & Budiman, B. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai melalui Disiplin Kerja. Jurnal Mirai Management, 3(2), 92-119..

Widodo, Trenggono, dkk. 2018. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT Telkom Indonesia Cabang Batam”. Jurnal Industri Kreatif (JIK), Vol. 2 No.1 ISSN : 2597- 8950. Februari 2018.

Londong, D., & Yulita, H. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir yang Tidak Jelas dan Ketidakpuasan Kerja Terhadap Keinginan untuk Berpindah dengan Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi empiris: PT. Honda Prospect Motor). In Conf Manag Behav Stud (Vol. 1, pp. 435-44).

Sumarni, M. (2011). Pengaruh employee retention terhadap turnover intention dan kinerja karyawan. Akmenika Upy, 8, 20-47.

Masram, M. A., & Mu’ah, D. H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Ramli, A. H., & Yudhistira, R. (2018, October). Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan melalui Komitmen Organisasi pada PT. Infomedia Solusi Humanika di Jakarta. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan (pp. 811-816).

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2019). Manajemen Kinerja Pengelolaan, Pengukuran, Dan Implikasi Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada.

Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Handayani, Ririn.2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

PT Gagah Putera Satria 2023. Profil Perusahaan dan SO HRD PT Gagah Putera Satria 2022

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Kurnia Pratiwi, P., & Jannatin Naimah, R. (2023). Upaya Retensi Karyawan Mekanik Dan Operator Potensial Melalui Program Pelatihan Dan Pengembangan Karir Pada Pt Gagah Putera Satria. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 70–73. https://doi.org/10.1234/bima.v2i2.2271