Pengaruh Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Banjarmasin

Penulis

  • Deela Alfina Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahmatul Jannatin Naimah Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Motivasi, Tingkat Pendidikan, Wajib Pajak

Abstrak

Saat ini penerimaan pajak dari Wajib Pajak Orang Pribadi secara nominal masih terlalu rendah. Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pendidikan merupakan faktor dari dalam diri setiap Wajib Pajak Orang Pribadi yang dapat mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi membayar pajak secara parsial terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin,(2) untuk mengetahui tingkat pendidikan secara parsial terhadap keaptuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin, dan (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi membayar pajak dan tingkat pendidikan secara simultan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi  di Kota Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan ketentuan Wajib Pajak Orang Pribadi yang berdomisili di Kota Banjarmasin.Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel Motivasi Membayar Pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin, (2) variabel Tingkat Pendidikan secara parsial berpengatuh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin. (3) variabel Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pendidikan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Banjarmasin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dianawati, Susi. 2008. “Analisis Pengaruh Motivasi danTingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Jakarta: Penerbit UIN Jakarta.

Ftriani W, Dina dan Saputra, Putu Mahardika Adi. 2009. “Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus di wilayah Kerja Kantor Pelayanan Pajak Batu)”. Malang: Penerbit Journal Of Indonesian Applied Economics Universitas Brawijaya.

Herawan, Dedy. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Motivasi Wajib Pajak Dan Pelaksanaa E-SPT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Bandung: Penerbit Universitas Komputer Indonesia

Lainurak, Fustin Dyan Kristianti. 2019.”Pengaruh Tingkat Pendidikan, Usia, dan Motivasi Membayar Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi”. Yogyakarta: Penerbit Docplayer.

Putri, Rolalita Lukmana. 2016. “Pengaruh Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Di wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta”. Yogyakarta: Penerbit Profita Kajian Ilmu Akuntansi.

Siahaan, Stefani. 2018. “Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sosial Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi”. Bengkulu: Penerbit Faculity Of Economics & Business, Universitas Bengkulu.

Tamba, Lilis Natalia. 2016. “Pengaruh Penerapan Self Assessment System,Perubahan Tarif Pajak Dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku UKM Setelah Penerapan PP No.46 Tahun 2013 (Survei Pada Wajib Pajak Di KPP Pratama Jakarta Grogol Petamburan)”. Jakarta: Penerbit Academia

Ulynnuha, Ovi Istiaini. 2018. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajibannya”. Surakarta: Penerbit Universitas Muhammadiyah Surakarta

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01

Cara Mengutip

Alfina, D., & Jannatin Naimah, R. (2022). Pengaruh Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 8–14. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1318