PENENTUAN OPTIMASI PRODUKSI PEMBANGUNAN RUMAH BERDASAR TYPE MENGGUNAKAN METODE LINIER PROGRAMMING

  • Rinova Firman Cahyani Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Pengelolaan bahan baku untuk produksi pembangunan rumah sering terjadi proses pengaturan bahan baku menjadi beberapa bagian. Pengaturan ini sering dilakukan se-cara manual tanpa melakukan perencanaan yang matang, sehingga pada setiap akhir proses produksi banyak terdapat sisa bahan baku yang seharusnya dapat dimanfaatkan. Hal ini menjadi faktor penting yang mendorong untuk dilakukan optimasi dalam pe-makaian bahan baku.

Penentuan pemecahan dasar dalam metode simpleks pada umumnya melibatkan perin-cian perhitungan yang menjemukan, namun dengan sistem aplikasi yang dibuat akan menjadi lebih mudah karena berorientasi otomatisasi. Sehingga dapat dirancang dan di-bangun sistem optimasi pengaturan pemakaian bahan baku produksi pembangunan ru-mah menggunakan metode simpleks.

Sistem aplikasi yang dibuat untuk optimasi pengaturan pemakaian bahan baku produksi pembangunan rumah dengan menggunakan metode simpleks menghasilkan perhitungan perencanaan produksi yang optimal berbasis komputer untuk mencapai keuntungan yang maksimum dan dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan perencaanaan pembangunan rumah.

How to Cite
CAHYANI, Rinova Firman. PENENTUAN OPTIMASI PRODUKSI PEMBANGUNAN RUMAH BERDASAR TYPE MENGGUNAKAN METODE LINIER PROGRAMMING. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 12, n. 1, mar. 2017. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/81>. Date accessed: 07 dec. 2019.
Section
Articles