Miniatur SPBU Dengan Kendali HMI (Human Machine Interface) Berbasis PLC (Programmable Logic Control)

Authors

  • Sarifudin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • M. Aulia Rahman Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Satrio Andhika Suryo Arisanto Politeknik Negeri Banjarmasin
  • M. Rizal Wahyudi Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i1.999

Keywords:

BBM, HMI, Miniatur SPBU, PLC

Abstract

Peningkatan pertumbuhan kendaraan bermotor di saat ini menyebabkan peningkatan penggunaan bahan bakar kendaraan. Penjualan BBM tidak hanya ada pada SPBU resmi dengan izin pemerintah, akan tetapi juga tumbuh di kalangan masyarakat kecil. Dimana proses layanan penjualan BBM nya bersifat tradisioonal atau sangat sederhana. Tidak mengutamakan presisi liter BBM dan juga keamanannya. Rancangan system berupa miniatur SPBU berbasis PLC dengan HMI (Human Machine interface) yang sederhana dan memenuhi kebutuhan BBM. Jadi perancangan pertamini menggunakan PLC dan sersor water flow yang akan menentukan literan. Sebagai alat bantu pengontrolan menggunakan HMI(Human Machine interface), sistem ini juga menggunakan pompa motor DC untuk mengompa BBM ketangki. Rancangan system berhasil mengeluarkan BBM dari mini SPBU ini sesuai dengan ukuran liter yg akurat. HMI bekerja dengan layar sentuhnya dapat menentukan jumlah liter yg di inginkan pembeli. PLC sebagai basis utama dapat mengendalikan beberapa moto pompa dan sensor dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sarifudin, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Teknik Elektro

M. Aulia Rahman, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Teknik Elektro

Satrio Andhika Suryo Arisanto, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Teknik Elektro

M. Rizal Wahyudi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Teknik Elektro

References

M.Budiyanto, A.Wijaya, Pengenalan Dasar Dasar PLC (Progammable Logic Control),Gava Media Yogyakarta 2003

Setiawan I, PLC (Progammable Logic Control)dan Teknik Pereancangan system control, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006

Boltom, William, “Programmable Logic Controller (PLC) Sebuah Pengantar Edisi Ketiga”. Erlangga., Jakarta, 2004

Tri Prabowo, Panduan Belajar HMI ( Human Mechine Interface Beginner), Jakarta, 2018

Anugrah, D. (2016). Rancang bangun pengukur laju detak jantung berbasis plc mikro. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(3), 163-170.

Sari, S. P. (2014). Rancang Bangun Konveyor Penghitung Barang Dengan Sistem Kendali Berbasis PLC. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA.

Guntara, F. (2015). Rancang Bangun Prototipe Spbu-Mini Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 dengan Keluaran Berdasarkan Nilai Masukan dalam Rupiah. Jurnal Fisika Unand, 4(1).

Noval, R. P. A. (2021). Rancang Bangun Prototipe SPBU-mini Berbasis Mikrokontroler NodeMCU Dengan Keluaran Berdasarkan Nilai Masukan Saldo E-money (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Haryanto, H., & Hidayat, S. (2016). Perancangan HMI (Human Machine Interface) Untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, 1(2), 58-65.

Zainal, Y. B. (2012). Monitoring Dan Kendali Prototipe Sistem Kelistrikan Rumah Menggunakan Human Machine Interface (hmi). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, 11(1), 45-53.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Sarifudin, S., Aulia Rahman, M., Andhika Suryo Arisanto, S., & Rizal Wahyudi, M. (2021). Miniatur SPBU Dengan Kendali HMI (Human Machine Interface) Berbasis PLC (Programmable Logic Control). POROS TEKNIK, 13(1), 42–51. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i1.999

Issue

Section

Artikel (Indonesia)