Pengaruh Engine Speed dan Throttle Position pada Proses Pembuangan Muatan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar OHT

Main Article Content

Ahmad Hendrawan
Muhammad Syafwansyah Effendi
Darmansyah Darmansyah
Anhar Khalid

Abstract

Pada bisnis pertambangan, Off Highway Truck (OHT) merupakan salah satu unit yang sangat baik digunakan untuk mengangkut dan memindahkan material dengan skala muatan yang cukup besar. Semakin besar ukuran dari unit tersebut maka semakin banyak beban yang mampu diangkut oleh OHT yang digunakan sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar juga akan meningkat seiring dengan besar truck OHT yang digunakan. Kenaikan beban yang diterima unit dan kenaikan rpm yang dihasilkan oleh engine mengakibatkan konsumsi bahan bakar ikut bertambah. Untuk penelitian ini, perlu untuk menyelidiki engine speed dan throttle position yang tepat supaya didapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Data yang diolah adalah hasil pengukuran engine speed, throttle position dan konsumsi bahan bakar pada OHT dan kemudian dianalisa apakah ada pengaruh engine speed dan throttle position terhadap konsumsi bahan bakar dengan statistik. Dari hasil uji statistik serta analisa dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang erat antara Throttle Position, Engine Speed dan Fuel Consumption dimana didapatkan semua nilai koefisien korelasi mendekati 1, dimana pengaturan Throttle Position dan Engine Speed berpengaruh pada Fuel Consumption. Pada engine speed 1450 rpm dan throttle position 57% didapatkan pemakaian bahan bakar yang paling efisien pada proses pembuangan muatan OHT.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel
Author Biographies

Ahmad Hendrawan, Politeknik Negeri Banjarmasin

Program Studi D3 Teknik Alat Berat

Muhammad Syafwansyah Effendi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Program Studi D3 Teknik Alat Berat

Darmansyah Darmansyah, Politeknik Negeri Banjarmasin

Program Studi D3 Teknik Alat Berat

Anhar Khalid, Politeknik Negeri Banjarmasin

Program Studi D3 Teknik Mesin

References

[1] Hein, Puji Saksono, Gunawan, Analisa Perbandingan Performansi Single dan Doble Turbocharger pada Cummins Engine K50 Series, TRANSMISI, Vol-XII Edisi-2/ Hal. 79-86, 2016
[2] Puji Saksono dan Pandu Prastiyo Utomo, Analisis Pengaruh Pembebanan Engine Terhadap Emisi Gas Buang Dan Fuel Consumption Menggunakan Bahan Bakar Solar Dan Biodiesel B10 Pada Engine Cummins QSK 45 C, Poros, Volume 15 Nomor 2, November 2017, 136 – 141, 2017
[3] Nazaruddin Sinaga, Sigit Joko Purnomo, Hubungan Antara Posisi Throttle, Putaran Mesin Dan Posisi Gigi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Beberapa Kendaraan Penumpang, EKSERGI Jurnal Teknik Energi Vol 9 No. 1 Januari 2013 ; 12 - 17, 2013
[4] Arif Nurachman, Husin Bugis, Danar Susilo Wijayanto, “Pengaruh Variasi Putaran Mesin Dan Pemanasan Bahan Bakar Bensin Melalui Pipa Kapiler Bersirip Radial Di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Bensin Pada Mesin Toyota Kijang”, Nosel, Vol. 2, No.1, 2013
[5] Raihan; Effendi, M. Syafwansyah; Hendrawan, Ahmad. Forcasting Model Exsponensial Smoothing Time Series Rata Rata Mechanical Availability Unit Off Highway Truck CAT 777D Caterpillar. POROS TEKNIK, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-9, mar. 2017. ISSN 2442-7764.
[6] Effendi, M. Syafwansyah; Rahman, Noor; Rahman, Taupik. Pengaruh Rata-Rata Nilai Risk Priority Number Pada Failure Mode And Effect Analysis Terhadap Availability Unit CAT OHT 773D. POROS TEKNIK, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 88-95, mar. 2017. ISSN 2442-7764.
[7] Effendi, Muhammad Syafwansyah; Hendrawan, Ahmad; Adawiyah, Rabiatul. Pengaruh Perbedaan Machine Model Heavy Equipment Terhadap Nilai Mechanical Availability (Studi Kasus Pada PT. X Perusahaan Tambang Batubara). POROS TEKNIK, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 95-100, feb. 2016. ISSN 2442-7764.